• Rabu, 30 November 2022

Dewan Senayan Bergerak: Wakil Ketua DPR RI Dorong Kominfo Agar Perusahaan Daftar PSE

- Selasa, 19 Juli 2022 | 13:28 WIB
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar. (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi.)
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar. (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi.)


JAKARTA, insidepontianak.com - Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengkomunikasikan perusahaan teknologi domestik maupun asing agar segera mendaftar penyelenggara sistem elektronik (PSE) lingkup privat sebelum tanggal 20 Juli 2022.

Langkah itu untuk menghindari pemblokiran, tutur Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar.

"Kalau aplikasi tersebut diblokir akan menyulitkan masyarakat, instansi pemerintahan, dan swasta yang menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut dalam aktivitasnya," kata Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (19/7/2022).

Baca Juga: Polda Metro Jaya Ringkus Sindikat Pembegal Rekening, Mengaku Pegawai Bank Tipu Para Korban

Hal itu dikatakan Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar terkait sejumlah aplikasi asing terancam diblokir pemerintah karena belum mendaftar sebagai PSE privat yang diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2019.

Muhaimin Iskandar meminta seluruh perusahaan teknologi dalam negeri maupun asing untuk mendaftarkan PSE sesuai dengan aturan yang berlaku di Indonesia.

Langkah itu, menurut dia, karena perusahaan yang sudah mendaftar PSE dapat meningkatkan kepercayaan dan rasa aman bagi masyarakat Indonesia yang menggunakan aplikasi tersebut.

"Saya minta masyarakat tidak resah dengan rencana Kominfo tersebut karena rencana pemblokiran adalah sikap tegas Pemerintah Indonesia untuk melindungi data pribadi penggunanya, yakni masyarakat Indonesia dari kebocoran atau penyalahgunaan data, dan mewujudkan ruang digital yang aman," ujarnya.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Pilih Gunung! Kamu akan Temukan Apa yang Tersembunyi di Alam Bawah Sadar! 

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengingatkan kepada para pengembang aplikasi media sosial (medsos) untuk segera mendaftarkan diri sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE) lingkup privat.

Halaman:

Editor: Muhlis Suhaeri

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X