• Rabu, 5 Oktober 2022

Puan Maharani Dorong Koperasi Indonesia Harus Adaptif Ikuti Perkembangan Zaman

- Kamis, 14 Juli 2022 | 18:37 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. (ANTARA/HO-PDIP)
Ketua DPR RI Puan Maharani. (ANTARA/HO-PDIP)


JAKARTA, insidepontianak.com - Ketua DPR RI Puan Maharani menilai koperasi di Indonesia harus adaptif mengikuti perkembangan zaman, agar menjadi "lokomotif" bagi kemajuan ekonomi bangsa.

"Koperasi Indonesia harus bisa cepat beradaptasi, gesit, kreatif, inovatif, dan tidak takut bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya," kata Puan Maharani dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Hal tersebut disampaikan Puan Maharani secara virtual dalam Puncak Acara Hari Koperasi ke-75 yang diselenggarakan Dewan Koperasi Indonesia di Denpasar, Bali, Kamis.

Baca Juga: Kasus Pencucian Uang Eks Bupati Probolinggo, KPK Sita Aset Senilai Rp60 miliar 

Menurut Puan Maha Rani para pendiri bangsa Indonesia merancang koperasi sebagai sokoguru perekonomian nasional sehingga diharapkan koperasi Indonesia tidak boleh tertinggal "kereta" kemajuan zaman.

Dia menilai, koperasi menjadi usaha bersama untuk mewujudkan kemakmuran bersama karena tumbuh dari gerakan kebangsaan sesuai usaha bersama berdasarkan azas kekeluargaan.

"Koperasi tumbuh di atas kejujuran, kesukarelaan, tolong menolong, dan gotong royong. Koperasi mendidik kita untuk percaya pada kekuatan sendiri, kekuatan untuk menempa ekonomi rakyat yang lemah menjadi kuat," ujarnya.

Baca Juga: Saham China Ditutup Bervariasi, Indeks Shanghai Tergerus 0,08 Persen

Puan Maharani menilai diperlukan upaya untuk membuat koperasi selalu relevan dengan tantangan zaman terbaru karena ekonomi saat ini sudah berkembang begitu cepat dan bentuknya semakin kompleks.

Dia mencontohkan, dahulu perkembangan ekonomi banyak yang berbasis pada sumber daya alam, lalu pesatnya perkembangan ekonomi digital seperti berbagai "start-up" yang menjadi kantung baru pertumbuhan ekonomi.

Halaman:

Editor: Muhlis Suhaeri

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kenang Eril, Ridwan Kamil Posting Zara Masuk ITB

Kamis, 15 September 2022 | 11:06 WIB
X