• Rabu, 17 Agustus 2022

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad Sebut Butuh Kajian Mendalam Ganja untuk Medis

- Selasa, 28 Juni 2022 | 13:01 WIB
Dokumentasi unggahan foto seorang ibu membawa poster bertuliskan "Tolong, Anakku Butuh Ganja Medis" pada hari tanpa mobil di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (26/6/2022). (ANTARA/Twitter/@andienaisyah/Yogi Rachman)
Dokumentasi unggahan foto seorang ibu membawa poster bertuliskan "Tolong, Anakku Butuh Ganja Medis" pada hari tanpa mobil di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (26/6/2022). (ANTARA/Twitter/@andienaisyah/Yogi Rachman)

JAKARTA, insidepontianak.com - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menilai perlu kajian mendalam terkait usulan masyarakat agar ganja (Cannabis sativa syn Cannabis indica) dapat digunakan untuk kebutuhan medis di Indonesia.

"Perlu kajian komprehensif dan juga keterlibatan semua pihak untuk memutuskan apakah ganja medis ini bisa diterapkan di Indonesia atau tidak," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengakui aspirasi masyarakat sangat besar terkait penggunaan ganja untuk keperluan medis, terutama mengacu pada perkembangan di dunia yang sudah menggunakan ganja untuk pengobatan.

Baca Juga: Piala Presiden 2022, Borneo FC Berhasil Permalukan Klub Ibu Kota Persija Jakarta Berkat Dukungan Suporter

Namun Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengingatkan bahwa di Indonesia aturan hukum belum memungkinkan untuk memperbolehkan penggunaan ganja bagi keperluan medis.

"Kita perlu kaji lalu juga perlu koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Badan Narkotika Nasional, Kementerian Kesehatan. Karena kita juga belum tahu ganja untuk medis itu seperti apa klasifikasinya," ujar Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad tidak menginginkan apabila nanti salah mengambil jenis ganja untuk medis, nanti malah tidak bagus untuk pengobatan namun justru merugikan.

Baca Juga: Gas Klorin Bocor di Yordania, 12 Tewas 251 Terluka 

Namun Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad memastikan, DPR akan meminta alat kelengkapan dewan terkait untuk berkoordinasi dengan pemerintah untuk memperhatikan aspirasi masyarakat terkait penggunaan ganja untuk pengobatan.

Halaman:

Editor: Muhlis Suhaeri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pidato Lengkap Presiden Jokowi Sidang Tahunan MPR 2022

Selasa, 16 Agustus 2022 | 19:27 WIB
X