• Jumat, 12 Agustus 2022

Survei Polmatrix Ternyata Anies Baswedan Unggul dari Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo

- Minggu, 26 Juni 2022 | 20:40 WIB
Tangkapan layar hasil survei Polmatrix tentang Elektabilitas Calon Presiden dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (26-6-2022).  (ANTARA/HO-Polmatrix)
Tangkapan layar hasil survei Polmatrix tentang Elektabilitas Calon Presiden dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (26-6-2022). (ANTARA/HO-Polmatrix)

JAKARTA, insidepontianak.com - Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto menyebutkan hasil survei pihaknya menunjukkan elektabilitas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lebih unggul daripada Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Berkat limpahan pemilih, elektabilitas Anies Baswedan berhasil mengungguli baik Prabowo maupun Ganjar dalam bursa capres," ucap Dendik dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Berdasarkan hasil survei Polmatrix yang diterima di Jakarta, Minggu, Anies Baswedan di posisi teratas dengan elektabilitas sebesar 20,8 persen, sedangkan Prabowo Subianto menyusul di posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 19,3 persen, kemudian Ganjar Pranowo sebesar 18,8 persen.

Baca Juga: Polda Jambi Gelar Pelatihan Investigasi Karhutla

Dukungan publik terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk pencapresan mengalami peningkatan sepanjang paruh pertama 2022. Temuan survei Polmatrix Indonesia menunjukkan Anies berhasil naik hingga unggul dalam bursa calon presiden.

Jika dibandingkan dengan survei pada bulan Maret 2022, nama-nama yang menguasai enam besar capres mengalami penurunan elektabilitas, kecuali Anies.

"Bisa dikatakan, Anies memperoleh limpahan dukungan dari pemilih capres-capres potensial yang bakal berlaga pada Pilpres 2024," ucapnya.

Menurut Dendik, melejitnya nama Anies tidak lepas dari dukungan yang diberikan sejumlah partai politik untuk mengusungnya sebagai capres. Misalnya, gelaran Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem yang memunculkan nama Anies di antara sejumlah nama yang diusulkan dari daerah-daerah.

Baca Juga: Indonesia Ajak ASEAN Mitigasi Hambatan Ekspor Produk Perikanan ke AS

Halaman:

Editor: Muhlis Suhaeri

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X