• Selasa, 28 Juni 2022

Survei Sin Po Sebut Gerindra Peringkat Dua Parpol Pilihan Masyarakat

- Jumat, 24 Juni 2022 | 19:41 WIB
Kepala Peneliti Litbang Sin Po Syahrial Mayus. ( ANTARA/HO-Sin Po)
Kepala Peneliti Litbang Sin Po Syahrial Mayus. ( ANTARA/HO-Sin Po)

JAKARTA, insidepontianak.com - Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Sin Po merilis hasil survei yang menunjukkan Partai Gerindra menjadi partai di peringkat kedua menjadi pilihan masyarakat pada Pemilu 2024.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (24/6/2022), Kepala Peneliti Litbang Sin Po Syahrial Mayus mengatakan bahwa pilihan parpol masyarakat Indonesia, yakni PDI Perjuangan sebesar 21,8 persen, Partai Gerindra sebesar 12,3 persen, Partai Golkar 10,6 persen, Partai Demokrat sebesar 9,2 persen, PKB sebesar 8,2 persen, dan PKS sebesar 6,3 persen. Sementara itu, yang tidak tahu/tidak jawab/rahasia atau belum memutuskan sebesar 20,3 persen.

Selain itu, PDI Perjuangan, Partai Gerindra, dan Golkar juga menjadi parpol yang berpeluang mencalonkan presiden dari internal partai.

Baca Juga: Piala Presiden 2022, Pelatih Borneo Bertarung Habis-habisan Lawan Persija Jadi Laga Krusial

Gerindra dan Golkar hanya memerlukan satu teman koalisi dengan parpol-parpol berkursi di DPR RI untuk bisa mendapatkan tiket pencapresan, kecuali dengan PPP.

Untuk Partai NasDem dan PKB yang memiliki 10 persen kursi DPR RI, jika tidak berkoalisi di antara keduanya atau tidak dengan PDI Perjuangan, Gerindra, dan Golkar, partai itu membutuhkan minimal tiga koalisi parpol.

Saat ini calon presiden yang sudah mulai menyeruak ke permukaan dari kader internal sembilan parpol berkursi di DPR RI.

Mereka di antaranya para ketua umum parpol masing-masing Gerindra akan mengusung Prabowo Subianto, Golkar akan mengusung Airlangga Hartarto, PKB akan mengusung Muhaimin Iskandar, Partai Demokrat akan mengusung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan PAN akan mengusung Zulkifli Hasan.

Baca Juga: Afghanistan Cari Bantuan Evakuasi Korban Selamat dari Gempa

Halaman:

Editor: Muhlis Suhaeri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Tiba di Jerman Hadiri KTT G7

Senin, 27 Juni 2022 | 07:54 WIB

KPU Ajak Warga Download Aplikasi Lindungi Hakmu

Minggu, 26 Juni 2022 | 21:22 WIB

Presiden Joko Widodo Hadiri KTT G7 di Jerman

Minggu, 26 Juni 2022 | 13:24 WIB
X