• Sabtu, 25 Juni 2022

Afghanistan Cari Bantuan Evakuasi Korban Selamat dari Gempa

- Jumat, 24 Juni 2022 | 19:29 WIB
Warga Afghanistan mencari korban selamat di antara puing-puing rumah yang hancur akibat gempa di Gayan, Afghanistan, 23 Juni 2022 (ANTARA FOTO/REUTERS/Ali Khara/ws)
Warga Afghanistan mencari korban selamat di antara puing-puing rumah yang hancur akibat gempa di Gayan, Afghanistan, 23 Juni 2022 (ANTARA FOTO/REUTERS/Ali Khara/ws)

KABUL, insidepontianak.com - Afghanistan tak memiliki cukup alat-alat kesehatan untuk merawat mereka yang terluka akibat gempa bumi, yang memakan 1.000 korban jiwa pada pekan ini, menurut seorang pejabat.

Gempa susulan pun telah menewaskan lima orang lagi di Afghanistan.

Sebelumnya otoritas mengakhiri pencarian di pegunungan bagian tenggara yang terpencil untuk para korban yang selamat dari gempa bumi berkekuatan 6,1 magnitudo yang mengguncang pada Rabu pagi di Afghanistan, sekitar 160 kilometer di tenggara Kabul dan terletak dekat perbatasan Pakistan.

Survei Geologi Amerika Serikat mengatakan bahwa gempa pada Jumat di Afghanistan, yang terjadi di titik yang hampir persis sama, berkekuatan 4,3 magnitudo.

Baca Juga: Piala Presiden 2022, Persija Jakarta Turunkan Pemain Senior Hadapi Borneo FC, Pasang Target Menang

Sekitar 2.000 orang terluka dan 10.000 rumah rusak sebagian atau rusak total dalam gempa bumi yang terjadi pada Rabu, kata juru bicara kementerian kebencanaan Mohammad Nassim kepada Reuters.

“Kementerian kesehatan tidak memiliki cukup obat-obatan, kita membutuhkan bantuan medis dan kebutuhan lainnya karena ini merupakan bencana besar,” ujarnya.

Pusat gempa pada hari Rabu berada di wilayah pegunungan gersang yang dipenuhi permukiman kecil dan kerap menjadi tempat bentrokan selama beberapa dekade perang Afghanistan.

Baca Juga: Tak Hanya SUV Listrik, Vinfast Juga Buka Peluang Masuki Pasar Truk Pikap Listrik

Halaman:

Editor: Muhlis Suhaeri

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Taiwan Laporkan Kasus Pertama Cacar Monyet

Jumat, 24 Juni 2022 | 20:24 WIB

AHY Ketemu Prabowo Subianto untuk Silaturahim

Jumat, 24 Juni 2022 | 20:01 WIB
X