• Selasa, 28 Juni 2022

Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus Dukung Komitmen Hadi Tjahjanto Berantas Mafia Tanah

- Jumat, 24 Juni 2022 | 13:57 WIB
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto. (ANTARA/Wisnu Adhi)
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto. (ANTARA/Wisnu Adhi)

JAKARTA, insidepontianak.com - Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mendukung komitmen Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR BPN) Hadi Tjahjanto dalam memberantas mafia tanah karena membawa harapan di tengah persoalan pertanahan yang dihadapi masyarakat.

Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus menilai saat ini dibutuhkan sosok yang tegas dan lebih berani untuk menumpas mafia tanah dan mengatasi persoalan pertanahan.

"Kehadiran sosok mantan Panglima TNI yang di amanahkan sebagai Menteri ATR/BPN diharapkan akan bisa melakukan terobosan dan langkah lebih tegas, sistematis, dan terukur dalam menyelesaikan sengkarut persoalan tanah di Indonesia," kata Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga: Demokrat Benarkan AHY akan Temui Prabowo Subianto 

Menurut Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus, masih banyak kasus mafia tanah yang belum terungkap, sehingga hal itu harus menjadi prioritas untuk diselesaikan karena masalah tersebut membebani masyarakat dan menimbulkan berbagai persoalan.

Dia juga menilai persoalan mafia tanah tidak luput dari adanya oknum birokrasi yang terlibat sehingga membentuk sindikat atau mafia tanah.

"Tanah yang sudah dibebaskan dan sudah dibayar tinggal eksekusi, tahu-tahu diklaim pihak lain yang mengaku sebagai pemilik lahan. Nah, ini siapa aktornya, tangkap, tindak tegas, dan ungkap jaringan serta kompolotannya," tegasnya.

Baca Juga: Piala Dunia 2022, Kebijakan Terbaru FIFA Satu Tim Bisa Tambah Tiga Pemain  

Oleh karena itu, dia mengatakan perlu langkah lebih berani dan tegas dengan kepastian hukum kuat agar para pelaku mafia tanah mempunyai efek jera untuk tidak mengulangi perbuatannya.

Halaman:

Editor: Muhlis Suhaeri

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Tiba di Jerman Hadiri KTT G7

Senin, 27 Juni 2022 | 07:54 WIB

KPU Ajak Warga Download Aplikasi Lindungi Hakmu

Minggu, 26 Juni 2022 | 21:22 WIB

Presiden Joko Widodo Hadiri KTT G7 di Jerman

Minggu, 26 Juni 2022 | 13:24 WIB
X