• Jumat, 7 Oktober 2022

Rakernas II PDIP Rekomendasikan Penyempurnaan Seleksi Caleg dan Cakada

- Kamis, 23 Juni 2022 | 18:56 WIB
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (tengah) menerima cenderamata berupa baju Union Cycliste Internationale (UCI) di Palangka Raya, Selasa, (17/5/2022). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (tengah) menerima cenderamata berupa baju Union Cycliste Internationale (UCI) di Palangka Raya, Selasa, (17/5/2022). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

JAKARTA, insidepontianak.com - Rapat Kerja Nasional atau Rakernas II PDIP Tahun 2022 untuk pemenangan Pemilu 2024, merekomendasikan penyempurnaan sistem rekrutmen dan seleksi calon anggota legislatif dan calon kepala daerah.

"Rakernas II merekomendasikan penyempurnaan sistem rekrutmen dan seleksi calon anggota DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota serta pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah," kata kader PDI Perjuangan yang juga Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, saat membacakan rekomendasi eksternal rakernas di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (23/6/2022).

Menurut Sugianto Sabran, penyempurnaan kualitas kader melalui seleksi calon berdasarkan psikotes, kaderisasi di Sekolah Partai, dan penugasan kader partai.

Baca Juga: Menko Polhukam Mahfud MD Ajak TNI Jaga Penegakan HAM Dinilai Baik PBB

Atas dasar hal tersebut, kata Sugianto Sabran, penjaringan, penyaringan, dan penetapan daftar calon anggota legislatif di seluruh tingkatan mulai pada bulan Agustus 2022.

Rakernas II PDI Perjuangan juga menetapkan strategi pemenangan Pemilu 2024 dengan semangat gotong royong berbasis teritorial yang bertumpu pada kekuatan mesin partai dengan melibatkan seluas-luasnya petani, buruh, nelayan, pemuda dan mahasiswa, perempuan, pemilih milenial, dan pemilih pemula.

Rakernas II menegaskan komitmen seluruh jajaran dewan pimpinan partai untuk terlibat secara aktif mengikuti seluruh ketentuan tahapan pemilu secara detail dan bersungguh-sungguh, mulai dari tahap pendaftaran, verifikasi, penetapan partai politik sebagai peserta pemilu, hingga pemungutan, penghitungan, rekapitulasi, dan penetapan hasil Pemilu 2024.

Keempat, Rakernas II mendorong peningkatan kualitas pemilu. Berkaitan dengan hal tersebut, sistem dan pelaksanaan pemilu wajib menjamin terpenuhinya hak konstitusional warga negara untuk memilih melalui peningkatan integritas penyelenggara pemilu.

Baca Juga: Kabupaten Sambas Tertinggi Cakupan Imunisasi BIAN di Kalbar

Halaman:

Editor: Muhlis Suhaeri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kenang Eril, Ridwan Kamil Posting Zara Masuk ITB

Kamis, 15 September 2022 | 11:06 WIB
X