• Selasa, 28 Juni 2022

Menko Polhukam Mahfud MD Ajak TNI Jaga Penegakan HAM Dinilai Baik PBB

- Kamis, 23 Juni 2022 | 18:48 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD saat memberikan arahan kepada sekitar 900 peserta Apel Komandan Satuan (Dansat) TNI AD, di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Kamis (23/6/2022). (ANTARA/HO-Humas Kemenko Polhukam)
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD saat memberikan arahan kepada sekitar 900 peserta Apel Komandan Satuan (Dansat) TNI AD, di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Kamis (23/6/2022). (ANTARA/HO-Humas Kemenko Polhukam)

JAKARTA, insidepontianak.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengajak TNI untuk senantiasa menjaga penegakan dan perlindungan hak asasi manusia (HAM) di Tanah Air yang memperoleh penilaian baik dari Dewan HAM PBB.

"Mari kita jaga dan tegakkan HAM. Kita pertahankan penilaian baik ini. Kita hindari agar TNI jangan sampai secara terstruktur atau sengaja melakukan kejahatan kemanusiaan," kata Menko Polhukam Mahfud MD saat memberikan arahan kepada sekitar 900 peserta Apel Komandan Satuan (Dansat) TNI AD di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Kamis, sebagaimana dikutip dalam keterangan tertulis.

Menurut Menko Polhukam Mahfud MD, TNI telah memiliki prosedur operasi standar dalam melakukan berbagai tindakan sehingga pelanggaran HAM, apalagi pelanggaran HAM berat, dapat dihindari.

Baca Juga: Kabupaten Sambas Tertinggi Cakupan Imunisasi BIAN di Kalbar

Menko Polhukam Mahfud MD saat menghadiri Pembukaan Sesi Ke-50 Sidang Dewan HAM PBB di Jenewa, Swiss, Senin (13/6), mendengarkan pidato Komisi Tinggi HAM PBB yang menyatakan Indonesia tidak termasuk ke dalam daftar 21 negara yang perkembangan HAM-nya sedang mereka rujuk.

Dengan demikian, lanjut Menko Polhukam Mahfud MD, Indonesia tidak memiliki catatan buruk terkait dengan penegakan dan perlindungan HAM dalam 3 tahun terakhir.

Dalam pengarahan yang juga dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurrahman itu, Mahfud mengapresiasi TNI yang selama 7 tahun terakhir senantiasa menjadi lembaga yang paling dipercaya publik berdasarkan hasil survei dari sejumlah lembaga kredibel.

Baca Juga: JMI Ingatkan Potensi Rumah Ibadah Jadi Ajang Penyebaran Ekstremisme

"Saya ucapkan selamat sekaligus terima kasih karena berdasarkan survei lembaga kredibel disebutkan bahwa TNI adalah lembaga yang paling dipercaya publik dibandingkan lembaga-lembaga lain di Indonesia," kata dia.

Halaman:

Editor: Muhlis Suhaeri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Tiba di Jerman Hadiri KTT G7

Senin, 27 Juni 2022 | 07:54 WIB

KPU Ajak Warga Download Aplikasi Lindungi Hakmu

Minggu, 26 Juni 2022 | 21:22 WIB
X