• Selasa, 28 Juni 2022

Wapres Maruf Amin Dorong Program CSR Perusahaan Berdayakan BUMDes

- Kamis, 23 Juni 2022 | 17:02 WIB
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin. (ANTARA/HO-BPMI Setwapres)
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin. (ANTARA/HO-BPMI Setwapres)

JAKARTA, insidepontianak.com - Wakil Presiden atau Wapres Maruf Amin berharap program tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) turut mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), sehingga berperan mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat di desa.

CSR perusahaan yang bertujuan untuk pembinaan BUMDes ini, kata Wapres Maruf Amin, diharapkan dapat mendorong upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat desa.

"Selanjutnya dapat mewujudkan struktur perekonomian nasional yang kokoh, berkembang, dan berkeadilan," kata Wapres Maruf Amin dalam acara penghargaan Program CSR BUMN/Swasta dan Promosi Desa Wisata Nusantara di Jakarta, Kamis.

Wapres Maruf Amin menghargai gagasan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bersama Indonesia Social Sustainability Forum (ISSF) untuk memberikan penghargaan program CSR bagi perusahaan BUMN dan swasta.

Baca Juga: Pesawat Susi Air Dinyatakan Selamat, Polri Pastikan Seluruh Penumpang Mendapat Perawatan Medis

Penghargaan itu diharapkan dapat menumbuhkan motivasi kepada BUMN atau perusahaan swasta untuk terus mendukung pengembangan BUMDes melalui program CSR.

Wapres Maruf Amin menekankan pembangunan desa merupakan pusat pertaruhan pembangunan Indonesia di masa depan. Menurutnya, apabila desa kuat dan mandiri, maka mimpi Indonesia Maju akan semakin mudah diwujudkan.

Wapres juga berharap dukungan atas pengembangan BUMDes dapat mengoptimalkan potensi lokal melalui bidang usahanya, sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat desa.

Hingga tahun 2021, lanjutnya, masih terdapat 23,24 persen desa yang masuk dalam kategori tertinggal dan sangat tertinggal berdasarkan data Indeks Desa Membangun (IDM). Oleh karena itu, dia meminta Kemendes PDTT bekerja keras agar pada tahun 2024 sudah tidak ada lagi desa tertinggal dan sangat tertinggal.

Halaman:

Editor: Muhlis Suhaeri

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Tiba di Jerman Hadiri KTT G7

Senin, 27 Juni 2022 | 07:54 WIB

KPU Ajak Warga Download Aplikasi Lindungi Hakmu

Minggu, 26 Juni 2022 | 21:22 WIB

Presiden Joko Widodo Hadiri KTT G7 di Jerman

Minggu, 26 Juni 2022 | 13:24 WIB
X