• Senin, 8 Agustus 2022

DPRD Kota Waringin Timu Dukung Audit Perusahaan Perkebunan

- Kamis, 9 Juni 2022 | 16:45 WIB
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Rimbun.  (ANTARA/HO-DPRD Kotim)
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Rimbun. (ANTARA/HO-DPRD Kotim)

SAMPIT, insidepontianak.com - Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Rimbun mendukung komitmen Gubernur Sugianto Sabran, untuk mengaudit perusahaan perkebunan kelapa sawit karena diduga banyak terjadi pelanggaran aturan.

"Kami tentu sangat mendukung langkah ini. Harus dibuka supaya bisa kita lihat sejauh mana perusahaan memenuhi kewajibannya mematuhi aturan," ujar Rimbun di Sampit, Kamis (9/6/2022).

Menurut Rimbun, audit sangat penting untuk mengetahui apakah perizinan perusahaan sudah sesuai aturan. Selain itu, audit juga bisa membuktikan apakah perusahaan sudah memenuhi kewajiban menjalankan program tanggung jawab sosial perusahaan.

Baca Juga: Pertanyakan Tugas Brimob Jaga Kebun, Dewan Kalbar Sayangkan Polisi Jadi Alat Perusahaan

Masalah lain yang masih banyak dituntut masyarakat adalah kewajiban perusahaan mengalokasikan kebun plasma untuk masyarakat sebesar 20 persen dari luar kebun yang dimiliki.

Rimbun menilai, masih banyak perusahaan yang diduga belum mematuhi aturan. Banyaknya tuntutan masyarakat terkait kebun plasma, menjadi indikasi bahwa perusahaan belum sepenuhnya menjalankan kewajibannya mengalokasikan 20 persen kebun mereka untuk kebun plasma.

Rimbun mengajak semua pemangku kepentingan untuk mendukung langkah gubernur dalam melaksanakan audit perusahaan perkebunan. Pemerintah daerah dan semua pihak terkait di kabupaten juga diharapkan mendukung upaya tersebut.

Baca Juga: BRIN Pacu Pertumbuhan Konsumsi Penggunaan Minyak Sawit dengan Hilirisasi

"Wajar jika masyarakat menuntut perusahaan memenuhi kewajiban menyediakan kebun plasma seluas 20 persen dari kebun perusahaan karena itu memang sudah ditegaskan dalam aturan," katanya menegaskan.

Halaman:

Editor: Muhlis Suhaeri

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pawai Kebudayaan Betawi Iringi PKS Daftar ke KPU RI

Senin, 1 Agustus 2022 | 09:58 WIB
X