• Selasa, 17 Mei 2022

DPD PDI Perjuangan Kalbar Memaafkan Gubernur Sutarmidji dengan Somasi

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 23:36 WIB
Martinus Sudarmo, bersama petinggi DPD PDI Perjuangan Kalbar, di antaranya Sujiwo dan lainnya, saat menyampaikan somasi kepada Gubernur Kalbar, Sutarmidji di Kantor DPD PDIP Perjuangan  Kalbar. (Andi Ridwansyah/insidepontianak)
Martinus Sudarmo, bersama petinggi DPD PDI Perjuangan Kalbar, di antaranya Sujiwo dan lainnya, saat menyampaikan somasi kepada Gubernur Kalbar, Sutarmidji di Kantor DPD PDIP Perjuangan Kalbar. (Andi Ridwansyah/insidepontianak)

PONTIANAK, insidepontianak.com - DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat memaafkan Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji dengan melakukan somasi atas pernyataannya menuding aksi pencegatan rombongan partai PDI Perjuangan saat melintas jalan rusak Siduk-Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, Kamis (12/5/2022) sebuah setingan.

Meski memaafkan, DPD PDI Perjuangan tetap menempuh jalur hukum dengan memberikan somasi kepada Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji untuk meminta maaf lewat media cetak dan tidak lagi memberikan keterangan tanpa dasar dan data. Hal ini dilakukan agar tak terjadi lagi kejadian serupa.

Sekretaris Badan Bantuan Hukum Advokasi Rakyat atau BBHAR Kalbar, Glorio Sanen mengatakan, DPD PDI Perjuangan mengedepankan hukum sebagai panglima. Menurut Sanen, pernyataan Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji telah mencermarkan nama baik, dan menyerang nama baik PDI Perjuangan. Somasi ini penting disampaikan.

"Perbuatan melawan hukum tersebut diatur dalam KUHAP, Undang-undang No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Data Elektronik, sebagaimana diubah dengan Undang-undang Nomor 19 tahun 2016,"kata Glorio Sanen.

Untuk itu, BBHAR tetap menempuh jalur hukum dengan melayangkan somasi untuk Gubernur Kalimantan Barat agar meminta maaf di media cetak selama tujuh hari setelah surat somasi dikirim.

"Kita juga menuntut agar Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji tidak lagi memberikan keterangan tanpa dasar yang dapat menyerang dan menimbulkan kerugian bagi PDI Perjuangan," terangnya.

Baca Juga: Gubernur Sutarmidji Minta Maaf ke Lasarus dan PDI Perjuangan Buntut Pernyataan Setingan

Apabila sampai batas waktu yang ditentukan tuntutan ini tak dilakukan, BBHAR akan menempuh jalur hukum.

Bendahara DPD PDI Perjuangan Kalbar, Sujiwo mengatakan, pasca memberi pernyataan setingan, Gubernur Kalbar Sutarmidji telah menyampaikan permintaan maaf kepada Ketua DPD PDI Lasarus dan keluarga besar Perjuangan.

"Tadi saya sudah komunikasi dengan Ketua DPD, pak Sutarmidji sudah menyampaikan permohonan maaf langsung. Seperti yang kita ketahui pak Lasarus figur yang pemaaf," kata dia.

Halaman:

Editor: Agus Wahyuni

Sumber: Insidepontianak.com

Tags

Terkini

Usman Pimpin Demokrat Sanggau

Minggu, 15 Mei 2022 | 12:43 WIB

Prabowo Subianto Dipastikan Maju Pilpres 2024

Senin, 25 April 2022 | 10:57 WIB

Survei SMRC: Ganjar Pranowo Ungguli Prabowo dan Anies

Rabu, 29 Desember 2021 | 18:07 WIB
X