• Sabtu, 21 Mei 2022

Menteri Pertanian Kemana Saat Wabah Penyakit Mulut-Kaki Hantui Peternak

- Kamis, 12 Mei 2022 | 15:32 WIB
Anggota Komisi IV DPR RI Darori Wonodipuro (Man/dpr.go  )
Anggota Komisi IV DPR RI Darori Wonodipuro (Man/dpr.go )

JAKARTA, insidepontianak.com – Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo diminta serius menangani wabah penyakit mulut kaki (PMK). Termasuk meminta Dinas Pertanian dan Peternakan di daerah agar intensif menanggulangi wabah ini.

Karena dikhawatirkan, jika penanganan wabah penyakit kaki mulut lambat, maka akan menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo harus sigap dalam hal itu.

Karena untuk penanganan permasalahan wabah penyakit kaki mulut ada di Kementerian Pertanian yang dipimpin Menteri Pertanian, Syahrul Yanin Limpo.

“Sebagai penanggung jawab program, Kementan tahu dari mana data asal usul kena (wabah PMK) di mana penularannya. Itu bisa diusut ujungnya, apakah sapi ini kena karena impor atau ada wabah yang dibawa ternak lain, kita tunggu saja,” kata Anggota Komisi IV DPR RI Darori Wonodipuro, Kamis (12/5/2022).

Baca Juga: DPRD Sambas Dukung Program Bangga Kencana dan Sosialisasi Percepatan Penurunan Stunting

Politisi Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (F-Gerindra) DPR RI itu menjelaskan akan membahas wabah PMK dengan Kementan pada 17 Mei 2022 mendatang. Dirinya berharap, pemerintah telah siap dengan solusi untuk menangani PMK di Indonesia.

Sehingga, jelasnya, wabah PMK tidak menyebar luas ke berbagai daerah di Indonesia. Tidak hanya itu, solusi-solusi tersebut bisa menekan kerugian masyarakat Indonesia, khususnya para peternak hingga konsumen.

“Selesai reses, kita akan minta penjelasan dari Menteri Pertanian dan Dirjen apa langkah yang dilakukan. Mestinya segera turun mengecek semua,” tutup Darori, dikutip insidepontianak dari dpr.go.

Baca Juga: Bupati Satono Hadiri Pernikahan Putri Wakil Ketua DPRD Kalbar, Prabasa Anantatur

Editor: Agus Wahyuni

Sumber: dpr.go.id

Tags

Terkini

Usman Pimpin Demokrat Sanggau

Minggu, 15 Mei 2022 | 12:43 WIB
X