• Sabtu, 21 Mei 2022

DPR Kritik Kinerja Menteri Perindustrian Lemah Kendalikan Migor Curah

- Rabu, 11 Mei 2022 | 14:53 WIB
Anggota Komisi VII DPR, Mulyanto. (telusur.co.id)
Anggota Komisi VII DPR, Mulyanto. (telusur.co.id)

JAKARTA, insdepontianak.com - Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto mengkritik kinerja Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita lantaran dianggap masih lemah mengendalikan harga migor (minyak goreng) curah di tanah air.

Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto mendesak Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang sebagai ujung tombak kebijakan ini, agar sigap dan gerak cepat dengan kebijakan teknis turunan. Sebaliknya jangan kinerjanya jangan lemah mengatasi harga migor yang masih mahal.

Setidaknya kata Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang bisa mengendalikan harga migor di bawah HET.

“Kita dari Fraksi PKS mendesak para menteri agar serius menangani masalah migor ini," katannya, dikutip insidepontianak dari Parlementaria, Rabu (11/5/2022).

Baca Juga: Komisi II DPRD Kalbar Jadwalkan Pemanggilan PT EUP Terkait Ekspor dan Dugaan Pelanggaran Distribusi Migor

Mulyanto menyebutkan petani sawit rakyat yang jumlahnya mencapai 2,6 juta KK, mulai mengeluh, karena jatuhnya harga tandan buah segar (TBS) mereka yang mencapai Rp1.550 per kg.

Sementara devisa negara sebesar Rp27 triliun per bulan atau sekitar Rp1 triliun per hari dari ekspor sawit hilang dari genggaman. Ditambah 16 juta pekerja di bidang industri kelapa sawit nasional dipertaruhkan nasibnya. Belum lagi lunturnya kepercayaan mitra dagang luar negeri, karena kebijakan radikal yang diputuskan Presiden tersebut.

Ia menambahkan menteri terkait agar berhenti membuat janji-janji palsu yang sekedar PHP bagi masyarakat. Masyarakat sudah bosan dengan berbagai janji yang dilontarkan, yang ujung-ujungnya nihil.

“Sekarang ini masyarakat tengah menunggu dengan harap-cemas, apakah dengan bahan baku migor yang berlimpah akan betul-betul membuat produksi cukup. Kemudian dengan masuknya Bulog di sisi distribusi, akankah segera membuat ketersediaan migor curah di pasar terpenuhi dan dengan harga yang sesuai HET,” jelasnya.

Baca Juga: Sidak Migor ke Gudang Distributor dan Swalayan, Kapolres Ketapang Jamin Stok Aman Sampai Lebaran

Editor: Agus Wahyuni

Sumber: DPR RI

Tags

Terkini

Usman Pimpin Demokrat Sanggau

Minggu, 15 Mei 2022 | 12:43 WIB
X