• Selasa, 28 Juni 2022

Kisah Glenn Victor, Faktor Usia Bukan Penghalang Ukir Prestasi dari Berenang

- Kamis, 23 Juni 2022 | 19:45 WIB
Perenang Indonesia Glenn Victor Sutanto (kiri) menjabat tangan rivalnya pada pertandingan nomor 50 meter gaya kupu-kupu putra renang SEA Games 2021 Vietnam di Aquatic Sport Palace, Hanoi, Vietnam, Minggu (15/5/2022). (antara)
Perenang Indonesia Glenn Victor Sutanto (kiri) menjabat tangan rivalnya pada pertandingan nomor 50 meter gaya kupu-kupu putra renang SEA Games 2021 Vietnam di Aquatic Sport Palace, Hanoi, Vietnam, Minggu (15/5/2022). (antara)


PALEMBANG, insidepontianak.com - Olahraga renang Indonesia tentu tak bisa mengabaikan keberadaan sosok Glenn Victor, perenang asal Jawa Barat yang sudah membela panji Merah Putih dalam delapan kali SEA Games.

Tak banyak atlet Indonesia yang bisa mencapai prestasi sebanyak seperti apa yang diperjuangkan oleh Glenn Victor, perenang asal Jawa Barat itu jika tidak memulainya sejak usia belia.

Glenn Victor, perenang asal Jawa Barat yang diwawancarai dalam Live TikTok dengan Antara di Hanoi, beberapa waktu lalu, mengatakan dia mulai mengenal renang pada usia 6 tahun dari kedua orangtuanya yang juga menggilai olahraga ini.

Namun, kala itu Glenn Victor, perenang asal Jawa Barat tak seberapa suka sehingga memutuskan beralih ke olahraga tenis.

Setelah selang beberapa tahun giat di tenis, perenang yang mahir di gaya kupu-kupu dan punggung ini kembali lagi ke lintasan renang yakni tepatnya pada usia 12 tahun.

Debut pertamanya sebagai atlet renang dimulai ketika ia mengikuti Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barar di Indramayu. Dari sini, berbagai prestasi direngkuh Glenn.

Baca Juga: PANG5 Tawarkan Rumah Murah dengan Lahan Terpanjang di Kota Pontianak Bisa Bangun Kolam Renang

Dengan segudang prestasi di usia junior itu, ia pun tak terbendung untuk masuk ke Pelatnas pada 16 tahun.

Setelah itu, puluhan keping medali dihasilkannya dalam mengharumkan nama daerah dan negara di berbagai kompetisi, mulai kejuaraan terbuka hingga ajang multicabang olahraga.

Atlet kelahiran Bandung, 7 November 1989 ini di antaranya meraih medali perak 100 meter gaya punggung dan medali perak estafet 4 x 100 meter pada SEA Games 2007, medali emas 100 meter gaya punggung pada SEA Games 2009.

Halaman:

Editor: Agus Wahyuni

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X