• Selasa, 17 Mei 2022

SEA Games Vietnam, Cerita Kontingen Indonesia Sulit Cari Makanan Halal

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 10:17 WIB
Kontingen Sea Games ke 31 asal Indonesia
Kontingen Sea Games ke 31 asal Indonesia

PONTIANAK, insidepontianak.comSEA Games Vietnam 2021 (2022) resmi dimulai. Namun, baru dua hari di negara Asia Tenggara tersebut, Kontingen Indonesia, terutama yang muslim protes karena sulit cari makanan halal.

Diketahui jika pada SEA Games kali ini, Vietnam menjadi tuan rumah olahraga se-kawasan Asia Tenggara itu. Vietnam mayoritas beragaman Budha, jadi seharusnya sebagai negara yang paham makanan halal wajib bagi kontingen muslim, seperti Indonesia dan Malaysia. Namun, masih sulit cari makanan halal.

Alhasil, banyak protes dilayangkan kepada panitia SEA Games Vietnam  karena sulit cari makanan halal.

Baca Juga: Usai Tembak Mati Shireen Abu Akleh, Kini Pemakaman Wartawan Al Jazeera Itu Diserang Pasukan Israel

Meski kemduian di pisah, antara makanan halal dan non halal tapi para kontingen Indonesia pada SEA Games Vietnam tak bisa memilih banyak.

Dikutip Insidepontianak.com dari artikel Pikiran-rakyat.com berjudul “Kontingen Indonesia di SEA Games Vietnam Sulit Cari Makanan Halal, Malaysia Protes”.

Beberapa ofisial dari kontingen Indonesia kesulitan mendapatkan makanan halal selama mengikuti SEA Games 2021 (2022) di Vietnam.

Wakil Federasi Futsal Indonesia, Iin Nurindra, menceritakan bahwa panitia menggabungkan semua jenis makanan di satu meja sehingga sulit membedakan mana yang halal dan nonhalal.

"Malaysia protes, besoknya dipisah. Sehari masih ada meja terpisah walaupun menunya jadi minoritas misalnya cuma bakmi goreng, nasi sama ayam goreng," ujarnya.

"Mungkin mereka (panitia) bingung halal itu bagaimana. Agak susah, ya, kalau menjelaskan soal halal. Akhirnya kita bilang, 'Pokoknya ayam, jangan pork (daging babi),'" ujarnya.

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X