• Minggu, 22 Mei 2022

Ini Sistem Kompetisi Format Baru Liga Champions Musim 2024-2025 yang Ditetapkan UEFA

Abdul Halikurrahman
- Rabu, 11 Mei 2022 | 22:14 WIB
Ilustrasi (Insidepontianak.com/Instagram @championsleague)
Ilustrasi (Insidepontianak.com/Instagram @championsleague)

JAKARTA, insidepontianak.com – Sistem kompetisi Liga Champions musim 2024-225 akan berubah seiring dengan penetapan format baru yang telah disetujui UEFA bersama pemangku kepentingan di Vienna, Austria.

Format baru akan menggunakan nama Sistem Swiss. Sistem kompetisi yang baru ini diyakini bisa mendorong kemajuan sepakbola Eropa, dan meningkatkan prestasi olahraga di tingkat internasional.

Presiden UEFA, Ceferin menilai, format yang dipilih akan mencapai keseimbangan yang tepat dan akan meningkatkan keseimbangan kompetitif, dan menghasilkan pendapatan yang solid yang dapat didistribusikan ke klub, liga, dan sepak bola akar rumput di seluruh benua.

Baca Juga: Real Madrid Melaju ke Babak Final Piala Champions, Kalahkan Manchester City 3-1

“Kami juga ingin meningkatkan daya tarik dan popularitas kompetisi klub kami,” ujar Ceferin dikutip Insidepontianak.com dari Pikiran-Rakyat.com di artikel yang berjudul “UEFA Tetapkan Format Baru Liga Champions, Berlaku Mulai Musim 2024-2025”.

Dalam format terbaru Liga Champions ini, tim yang berpartisipasi akan meningkat dari 32 menjadi 36 klub dan akan dialokasikan sebagai berikut:

Pertama, satu tempat akan diberikan kepada klub peringkat ketiga dan ranking liga dari klub tersebut berada di posisi kelima dalam peringkat UEFA.

Kedua, satu tempat akan diberikan kepada juara liga domestik dengan menambah dari empat menjadi lima klub yang lolos melalui jalur juara.

Ketiga, dua tempat terakhir akan diberikan kepada asosiasi yang memiliki pencapaian terbaik oleh klub mereka di musim sebelumnya (jumlah total poin yang diperoleh dibagi dengan jumlah klub yang berpartisipasi).

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X