• Rabu, 7 Desember 2022

Isi Pidato Menteri Pendidikan Nadiem Makarim: Satu Juta Guru Diangkat Sebagai ASN PPPK!

- Kamis, 24 November 2022 | 20:35 WIB
Menteri Pendidikan Kebudayaan Ristek dan Teknologi Nadiem Makarim. (Antara)
Menteri Pendidikan Kebudayaan Ristek dan Teknologi Nadiem Makarim. (Antara)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Isi pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim pada Hari Guru Nasional 2022 yang jatuh pada 25 November 2022 menekankan tentang perubahan, platform Merdeka Mengajar, dan program Guru Penggerak.

Dalam pidato Hari Guru Nasional 2022, Nadiem Makarim percaya bahwa perubahan didorong atas kemauan untuk berubah, yakni meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang tak lagi seusai dengan tantangan dan kebutuhan zaman.

Nadiem Makarim juga menyoroti masih adanya guru-guru yang meragu untuk melakukan perubahan dalam proses pembelajaran di kelas, dan dalam momentum Hari Guru Nasional 2022, ia meminta agar setiap guru terus berinovasi menciptakan perubahan.

Baca Juga: Wali Kota Edi Sebut Menteri Nadiem Makarim Visioner Gagas Kurikulum Merdeka, Ini Sederet Pujiannya

"Sebenarnya bukan hanya guru yang terus didorong untuk berubah. Kami di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) juga memacu diri untuk berinovasi, mengubah cara pandang dan cara kerja kami memberikan pelayanan terbaik bagi pendidik dan perserta didik," tulis Nadiem Makarim dalam pidatonya, dilansir dari kemdikbud.go.id, Kamis (24/11/2022).

Salah satu bentuk dari perubahan yang dilakukan Kemendikbudristek adalah dengan meluncurkan platfor Merdeka Mengajar di awal tahun 2022.

"Platform ini sepenuhnya kami rancang untuk memenuhi kebutuhan guru akan ruang untuk belajar, berkarya, dan berkolaborasi," kata Nadiem Makarim dalam pidatonya.

Nadiem Makarim juga menegaskan, platform Merdeka Mengajar ini dibuat bukan karena berdasarkan keinginannya, namun dirancang berdasarkan kebutuhan yang ada di lapangan.

"Ini adalah wujud perubahan besar cara kerja pemerintahan dalam melayani masyarakat," tegasnya.

Dalam platform Merdeka Mengajar, guru bisa mengakses modul pembelajaran dengan gratis, mengunggah dan membagikan konten-konten praktik baik pembelajaran, dan terkoneksi dengan rekan sesama guru dari daerah lain.

Halaman:

Editor: Andi Ridwansyah

Tags

Terkini

Wilayah Jember Dilanda Gempa Berkekuatan Magnitudo 6,2

Selasa, 6 Desember 2022 | 18:21 WIB
X