• Rabu, 7 Desember 2022

Gempa Cianjur, Warga Kampung Rawacina Dirikan Tenda di Tanah Kuburan, Mengaku Tidak Ada Lagi Tempat Mengungsi

- Rabu, 23 November 2022 | 19:05 WIB
Seorang anak duduk di atas makam yang dijadikan tempat pengungsian penyintas gempa 5,6 magnitudo di Kabuten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022).  (Antara)
Seorang anak duduk di atas makam yang dijadikan tempat pengungsian penyintas gempa 5,6 magnitudo di Kabuten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022).  (Antara)

CIANJUR, insidepontianak.com - Sekitar enam tenda ukuran sedang hingga besar berdiri di atas tanah pemakaman umum (TPU) Kampung Rawacina, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Tenda itu didirikan warga secara mandiri sebagai tempat pengungsian karena tidak memiliki tempat yang memadai. Lokasi tersebut berada di Jalan Kampung Rawacina Kaler. Sepanjang jalan rumah warga banyak yang ambruk.

"Udah enggak ada tempat lagi, ini satu-satunya tempat yang bisa digunakan mengungsi,” kata Omay (54) Ketua RT 02 RW 16 Kampung Rawa Cina, Kecamatan Nagrak, ditemui di lokasi, Rabu (23/11/2022).

Pantauan ANTARA di lokasi, warga penyintas gempa memanfaatkan lahan kosong di tanah kuburan itu untuk mendirikan tenda pengungsian seadanya, beralaskan terpal membentang di atas tanah kuburan.

Baca Juga: Maksimalkan Penanganan Korban Gempa Cianjur, Kapolri Kerahkan Tenaga Medis Tambahan

Di samping tenda-tenda pengungsian itu terdapat kuburan-kuburan yang bernisan, hingga kuburan baru yang masih basah tanahnya.

Menurut Omay, warga korban gempa yang meninggal dunia juga dimakamkan di lokasi tersebut.

"Ada 11 kuburan baru, semuanya korban gempa yang meninggal," ujarnya.

Omay menyebutkan, ada sekitar 200 jiwa warganya dan warga dari RT 03 yang mengungsi di tanah kuburan tersebut.


Menurut dia, posko pengungsian yang didirikan baik oleh Polri, relawan hingga Kementerian Sosial terlalu jauh untuk dicapai. Selai itu warga juga masih khawatir dengan harta bendanya yang berada di rumah.

Halaman:

Editor: Andi Ridwansyah

Sumber: Antara

Tags

Terkini

Wilayah Jember Dilanda Gempa Berkekuatan Magnitudo 6,2

Selasa, 6 Desember 2022 | 18:21 WIB
X