• Rabu, 7 Desember 2022

Ingat! Ini Perintah Presiden Jokowi dalam Penanganan Korban Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 15:46 WIB
Presiden Jokowi menyampaikan keterangan pers terkait kerusuhan di Kanjuruhan (presidenri.go.id)
Presiden Jokowi menyampaikan keterangan pers terkait kerusuhan di Kanjuruhan (presidenri.go.id)

PONTIANAK, insidepontianak.comPresiden Jokowi memberikan perintah khusus kepada Gubernur Jawa Timur, Kemenkes, Polri, Kemenpora dan PSSI dalam penanganan korban kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang yang menewaskan ratusan suporter.

Tragedi ini terjadi setelah laga Arema FC melawan Persebaya, selesai digelar dengan skor akhir 2-3, Sabtu (1/10/2022) malam. Kekalahan Arema diduga membuat suporternya rusuh, dan menyebabkan korban jiwa ratusan orang. 

Presiden Jokowi pun mengucapkan bela sungkawa terhadap para keluarga kroban. Ia memita kasus ini ditanganai secara tuntas.

“Saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya 129 orang saudara-saudara kita di dalam tragedi sepak bola di Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur,” ucap Jokowi dikutip dari YouTube Skretariat Presiden, Minggu (2/9/2022).

Baca Juga: Selain Tragedi Stadion Kanjuruhan, Berikut Beberapa Insiden Paling Mematikan di Dunia Sepak Bola

Presiden Jokowi meminta Gubenur Jawa Timur terus memonitor pelayanan medis bagi korban yang sedang dirawat di rumah sakit supaya mendapatkan pelayanan terbaik.

“Saya juga memerintahkan Menpora, Kapolri dan ketua umum PSSI untuk melakukan evaluasi menyeluruh tentang pelaksanaan pertandingan sepak bola dan juga prosedur pengamanan penyelenggaraannya,” ucap Presiden Jokowi.

Ia juga meminta Kapolri melakukan ivestigasi. Sedangkan PSSI diminta menghentikan sementara sepak bola Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan selesai dilakukan.

Baca Juga: Catat! Ketum PSSI Mochamad Iriawan Tegaskan Arema FC Dilarang Jadi Tuan Rumah

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wilayah Jember Dilanda Gempa Berkekuatan Magnitudo 6,2

Selasa, 6 Desember 2022 | 18:21 WIB
X