• Jumat, 2 Desember 2022

Menko Polhukam Nilai Hacker Bjorka Tidak Ada Apa-apanya, Bukan Data Curian dari Basis Data Negara

- Kamis, 22 September 2022 | 15:08 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD dalam diskusi daring Rilis Survei Nasional Indikator Politik Indonesia yang dipantau di Jakarta, Senin (11/7/2022). (ANTARA/Aji Cakti)
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD dalam diskusi daring Rilis Survei Nasional Indikator Politik Indonesia yang dipantau di Jakarta, Senin (11/7/2022). (ANTARA/Aji Cakti)

 

PONTIANAK, insidepontianak.com - Menko Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam), Mahfud MD menilai hacker Bjorka yang sempat menghebohkan media sosial dengan membocorkan data sejumlah pejabat beberapa waktu lalu, tidak ada apa-apanya.

Menurut Mahfud, sejauh ini tidak ada data negara yang bocor seperti yang diklaim Bjorka. Termasuk data pribadi pejabat negara yang disebar Bjorka disebutnya adalah data yang salah.

"(Hacker) Bjorka itu nggak ada apa-apanya. Apa data yang bocor sampai hari ini saya tanya? Apa data negara yang bocor? Nggak ada," jelas Mahfud di Surabaya, Rabu (21/9/2022).

Mahfud mengatakan, data pribadi pejabat negara yang disebar Bjorka bukan curian dari basis data negara. Data tersebut, kata dia, merupakan data yang dibuat sendiri dan kemudian disebarkan. Data yang disebar pun salah.

Baca Juga: Hari Pertama, Baru 38 Pendaftar Panwascam, Bawaslu Sanggau Ajak Masyarakat Mendaftar

"Itu (data pribadi pejabat negara yang disebar Bjorka) dibuat sendiri saja terus disebar seakan-akan benar. Datanya juga salah. Coba data saya disebarkan, ditulis nama ibu Siti Aminah. Nama ibu saya bukan Siti Aminah, berarti ngarang dia," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Mahfud juga menyinggung Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi yang baru saja disahkan DPR. Undang-Undang tersebut, dibuat bukan karena ramainya kasus Bjorka namun sudah disahkan dan tinggal menunggu sidang pleno.

"Undang-Undang PDP ini memang undang-undang yang lama ditunggu. Jadi itu sebenarnya tidak ada kaitannya dengan kebocoran data. Karena ini jauh sebelum ribut-ribut soal Bjorka, itu sudah disahkan di DPR tinggal nunggu sidang pleno," jelasnya.

Baca Juga: Krisis Pandemi Dilalui dengan Solidaritas, Wapres Ma'ruf Amin Sebut Indonesia Paling Dermawan

Halaman:

Editor: Andi Ridwansyah

Sumber: PMJ News

Tags

Terkini

Mahfud MD Pastikan Pemilu 2024 Tidak Bisa Dimundurkan

Jumat, 2 Desember 2022 | 19:41 WIB

Kapolri Listyo Sigit Dukung Yudo Margono Panglima TNI

Jumat, 2 Desember 2022 | 19:30 WIB
X