• Senin, 3 Oktober 2022

Jelang HUT ke 77 Kemerdekaan RI, Pemkab Probolinggo Gelar Fesyen Merah Putih

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 19:14 WIB
Salah satu peserta lomba fesyen merah putih di Kabupaten Probolinggo  (Antara/Diskominfo Probolinggo)
Salah satu peserta lomba fesyen merah putih di Kabupaten Probolinggo (Antara/Diskominfo Probolinggo)

ROBOLINGGO, insidepontianak.com - Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur bekerja sama dengan Adikarya Perajin Batik Bordir dan Asesoris (APBBA) menggelar lomba fesyen merah putih menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Lomba fesyen merah putih digelar dalam rangka memberikan ruang kepada seluruh masyarakat Kabupaten Probolinggo untuk berekspresi," kata Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko dalam keterangan tertulis, Minggu (14/8/2022).

Menurutnya pemkab sudah memberikan pembinaan dan ruang yang cukup untuk para perajin batik dalam rangka peningkatan UMKM, sehingga dengan adanya banyak perajin batik maka berdampak pada penyerapan tenaga kerja.

"Silahkan berekspresi menuangkan segala kemampuannya dan kami membuka ruang bagi masyarakat, baik di bidang seni, budaya maupun UMKM agar masyarakat bisa kembali berkarya," tuturnya.

Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo Yulius Christian mengatakan lomba fesyen merah putih itu mengambil tema budaya, busana-busana lawas dan perjuangan untuk memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI dan ingin memberikan motivasi bagi generasi saat ini untuk mencintai kebudayaan dan budaya bangsa Indonesia.

Baca Juga: Gerakan 10 Juta Bendera, Wamendagri John Wempi Bagikan Bendera Merah Putih ke Masyarakat Aceh

"Kegiatan itu diikuti oleh segala umur mulai dari anak-anak, remaja dan orang tua. Mudah-mudahan dengan kegiatan itu bisa meningkatkan omset industri kecil menengah," katanya.

Sementara Ketua APBBA Kabupaten Probolinggo Mahrus Ali mengaku sangat bersyukur sekali karena sudah mulai banyak perajin batik yang mulai menampilkan karya-karyanya karena peserta lomba fesyen merah putih banyak yang memakai batik khas Kabupaten Probolinggo.

"Kegiatan itu bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk batik karya anggota APBBA dan memperkenalkan batik-batik khas Kabupaten Probolinggo," ujarnya.

Ia mengatakan keunggulan dari batik khas Kabupaten Probolinggo adalah batik pendalungan dan batik Kabupaten Probolinggo mampu membuat warna yang tajam, serta membuat warna yang lembut perpaduan warna Jawa dan Madura.

Halaman:

Editor: Andi Ridwansyah

Sumber: Antara

Tags

Terkini

X