• Senin, 3 Oktober 2022

Kemensos Kaji Ulang Peraturan Penyaluran Bansos

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:01 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini di Kantor Kementerian Sosial Jakarta, Kamis (11/8/2022)  (Antara)
Menteri Sosial Tri Rismaharini di Kantor Kementerian Sosial Jakarta, Kamis (11/8/2022) (Antara)

JAKARTA, insidepontianak.com - Menteri Sosial Tri Rismaharimi mengatakan pihaknya tengah melakukan kaji ulang peraturan penyaluran bantuan sosial (bansos).

Mensos Risma mengungkapkan kegiatan tersebut beriringan dengan kaji ulang peraturan mengenai izin penyelenggaraan pengumpulan uang dan barang (PUB) yang dilakukan sejumlah lembaga.

Mensos Risma mengatakan sebelumnya Kementerian Sosial (Kemensos) hanya melakukan koordinasi saat memproses penyaluran bansos.

"Nah nanti, ke depan untuk bantuan sosial sampai ke penyalurannya, bagaimana," kata Mensos Risma, di Jakarta, Kamis (11/8/2022).

Dia meminta dukungan masyarakat agar proses kaji ulang peraturan PUB dan pengawasan bansos dapat berjalan beriringan, dan selesai pada Agustus 2022.

Disamping itu, Mensos Risma memaparkan bahwa setelah Kemensos menyalurkan dana bansos ke Bank Himbara, pihaknya tidak mengetahui progres salur selanjutnya, sebelum adanya pengaduan dari masyarakat.

Baca Juga: Mensos Tri Rismaharini Bantu Renovasi Rumah Lansia di Bangkalan Jawa Timur

"Karena kami enggak bisa, kami enggak punya dashboard, untuk melihat, mengakses siapa yang sudah dibantu, siapa yang belum, kami enggak punya itu. Sehingga, kita akan mengevaluasi PKS (Perjanjian Kerja Sama) Kemensos dengan bank, misalkan," ujar dia.

Selain itu Mensos Risma juga memaparkan pada e-waroeng, selain harus memantau mekanisme harga, pihaknya juga harus memastikan tidak ada pembelian sembako yang dipaketkan.

Evaluasi terhadap penyaluran bansos akan didiskusikan lebih detail, dengan target pada akhir Agustus 2022.

Halaman:

Editor: Andi Ridwansyah

Sumber: Antara

Tags

Terkini

X