• Senin, 3 Oktober 2022

Presiden Jokowi Berikan Pilihan Nama Pelabuhan ‘Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak’

Andi Ridwansyah
- Selasa, 9 Agustus 2022 | 22:09 WIB
Presiden Jokowi resmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Mempawah Kalbar, Selasa (9/8/2022). Pelabuhan itu disebut terbesar di Pulau Kalimantan. (Insidepontianak.com/Ist)
Presiden Jokowi resmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Mempawah Kalbar, Selasa (9/8/2022). Pelabuhan itu disebut terbesar di Pulau Kalimantan. (Insidepontianak.com/Ist)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Keinginan Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji mengubah nama Pelabuhan Kijing jadi pelabuhan Tanjungpura dipastikan tidak terealisasi, pasalnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Pelabuhan tersebut memberikan pilihan nama baru yakni Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak.

Kendati demikian, Presiden masih membuka kesempatan untuk mengubah nama pelabuhan terbesar di Kalimantan itu. Nama Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak tersebut, berbeda dari dua usulan yang diajukan Pemerintah Provinsi Kalbar ke pemerintah pusat, yakni Pelabuhan Kijing Mempawah dan Pelabuhan Internasional Tanjungpura.

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji sejak 2018 lalu memang sangat ingin mengubah nama Pelabuhan Internasional Kijing menjadi Pelabuhan Tanjungpura.

Hal tersebut beberapa kali ia sampaikan, seperti saat melantik Gusti Ramlana sebagai PJ Bupati Mempawah di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, 2018 silam, dan kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Regional Kalimantan di Pendopo Gubernur Kalbar tahun 2020 lalu.

"Untuk nama pelabuhan saya minta diganti, karena katanya kijing itu artinya batu nisan. Jadi kita minta ganti dengan nama Tanjungpura," kata Gubernur Sutarmidji waktu itu.

Baca Juga: Tuai Banyak Protes, Presiden Jokowi Buka Peluang untuk Ubah Nama Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak

Alasan mendasar Gubernur Kalbar kala itu, agar pelabuhan internasional tersebut sama halnya dengan pelabuhan-pelabuhan di Pulau Jawa yang kebanyakan menggunakan nama tanjung. Sebut saja pelabuhan Tanjung Priok, Tanjung Mas dan Tanjung Perak.

“Maka pelabuhan di Kalbar harus pakai nama pelabuhannya Tanjungpura,"terangnya.

Namun demikian, Gubernur Kalbar Sutarmidji tidak ego. Ia tetap mengakomodir nama pelabuhan Kijing dan Tanjungpura untuk diusulkan ke pemerintah pusat.

Hal tersebut tertuang dalam surat usulan Gubernur Kalbar yang dikirim ke pemerintah pusat 3 Juni 2022.

Halaman:

Editor: Andi Ridwansyah

Tags

Terkini

X