• Senin, 3 Oktober 2022

Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, Diproyeksikan Jadi Pelabuhan Terbesar di Kalimantan

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:28 WIB
Presiden Joko Widodo (empat kiri) bersalaman dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meresmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat, pada Selasa (9/8/2022). (Adimas Raditya)
Presiden Joko Widodo (empat kiri) bersalaman dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meresmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat, pada Selasa (9/8/2022). (Adimas Raditya)

MEMPAWAH, insidepontianak.com - Presiden Jokowi menyampaikan, Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat diproyeksikan menjadi kawasan pelabuhan terbesar di Pulau Kalimantan.

"Ini merupakan pelabuhan terbesar di Pulau Kalimantan sehingga harus dapat memperkuat competitiveness, daya saing produk unggulan, khususnya dari Kalimantan Barat," kata Presiden Jokowi saat meresmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, Selasa (9/8/2022).

Presiden Jokowi berpesan agar akses jalan dari pelabuhan menuju Kota Pontianak untuk diperlebar, sehingga pembangunan proyek senilai Rp 2,9 triliun tersebut benar-benar dapat memperkuat daya saing dan memperbaiki konektivitas antar daerah, antar pulau, hingga antar negara.

Baca Juga: Resmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Mempawah Kalbar, Presiden Jokowi Bawa Tiga Menteri

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional yang pembangunannya dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Persero).

Menhub mengatakan, pembangunan ini dilatarbelakangi oleh Pelabuhan Pontianak yang semakin terbatas dengan adanya pendangkalan dan lokasinya yang berada di tengah kota.

"Oleh karenanya, Kijing diharapkan untuk menggantikan Pelabuhan Pontianak dan memberikan ruang bagi industri-industri untuk tumbuh di Kalimantan Barat," kata Budi Karya.

Sebagai informasi, detail tahapan pembangunan Terminal Kijing, antara lain untuk Tahap I Inisiasi (2018-2022) dan lanjutan, kemudian diikuti tahap II.

Baca Juga: Tes IQ: Hanya Orang yang Punya IQ Tinggi! Temukan Hewan Ketiga dalam Gambar? Hanya 1% yang Berhasil!

Halaman:

Editor: Muhlis Suhaeri

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X