• Rabu, 5 Oktober 2022

IKN Nusantara Diharapkan Beri Efek Luas kepada Masyarakat

- Senin, 8 Agustus 2022 | 20:55 WIB
Anggota DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Syamsudin. (ANTARA/Novi Abdi-Bagus Purwa)
Anggota DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Syamsudin. (ANTARA/Novi Abdi-Bagus Purwa)

PENAJAMPASERUTARA, insidepontianak.com - Keberadaan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara pada sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur diharapkan memberikan efek luas kepada masyarakat.

Pemindahan dan pembangunan ibu kota negara Indonesia menurut anggota DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Syamsudin, di Penajam, Kalimantan Timur, Senin, harus dirasakan masyarakat.

Ibu kota negara Indonesia baru bernama Nusantara tersebut bisa mendorong atau memicu perkembangan sektor ekonomi, pendidikan, pertanian, kesehatan dan sosial budaya.

Baca Juga: Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko Apresiasi Pengembangan Kratom sebagai Komoditas Ekspor

Pemerintah pusat diminta turut membantu memenuhi infrastruktur sektor ekonomi, pendidikan, pertanian, kesehatan dan sosial budaya di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pemindahan dan pembangunan ibu kota negara Indonesia baru, harus dapat memunculkan pengaruh yang meluas bagi perkembangan di daerah berjuluk Benuo Taka itu.

Efek berganda atau pengaruh yang meluas dari pemindahan dan pembangunan IKN Nusantara juga harus dirasakan daerah lainnya di Provinsi Kalimantan Timur. Bukan hanya masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara saja jelas dia, tetapi seluruh daerah di Kalimantan Timur akan merasakan dampak dari pemindahan dan pembangunan ibu kota negara Indonesia.

Baca Juga: Dewan Kalbar Ermin Elviani Kecewa Pelabuhan Kijing Berubah Nama Jadi Pelabuhan Tanjungpura

Proses pembangunan IKN Nusantara menunjukkan kemajuan, pemerintah pusat telah mengumumkan lelang pembangunan istana negara dan kantor kementerian. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga akan membangun sejumlah titik akses jalan penghubung menuju IKN Indonesia baru bernama Nusantara itu.

Keberadaan IKN Nusantara diharapkan mampu meningkatkan pergerakan dan kemajuan ekonomi bagi masyarakat Kalimantan Timur. Peningkatan pergerakan dan kemajuan ekonomi, kata Syamsudin, memberikan keuntungan pada peningkatan taraf hidup masyarakat di wilayah Kalimantan Timur.***

Editor: Muhlis Suhaeri

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Netizen Rame-rame Unfollow Akun Rizky Billar

Rabu, 5 Oktober 2022 | 18:20 WIB
X