• Minggu, 14 Agustus 2022

Kementerian Kominfo: Sukses ASEAN Para Games Munculkan Citra Positif Bangsa

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 18:50 WIB
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Usman Kansong (dua dari kanan) memberikan keterangan kepada wartawan di Solo, Sabtu (6/8/2022). (Antara)
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Usman Kansong (dua dari kanan) memberikan keterangan kepada wartawan di Solo, Sabtu (6/8/2022). (Antara)

SOLO, insidepontianak.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebut sukses penyelenggaraan ASEAN Para Games (APG) 2022 di Solo berhasil memunculkan citra positif bangsa di mata internasional.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong mengatakan pada pelaksanaan ASEAN Para Games 2022, bangsa Indonesia mampu mencetak empat sukses, yakni sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, sukses administrasi, dan sukses ekonomi.

"Tanpa peran media, empat kesuksesan tadi tidak akan tersampaikan kepada publik. Saya tadi baca berita, apa yang dilakukan di APG ini akan menjadi acuan penyelenggaraan APG berikutnya," kata Usman Kansong di Solo, Sabtu (6/8/2022).

Ia berharap penyelenggaraan APG 2022 menjadi pembuka jalan penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia di Bali pada November 2022 dalam konteks kesetaraan.

"Karena di G20 juga ada pembicaraan, meeting, diskusi, konferensi untuk mencapai satu kesetaraan. Semangat kesetaraan ini kita gaungkan di APG dan juga di G20," katanya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tutup ASEAN Para Games XI 2022 di Surakarta

Sementara itu, dalam menjalankan perannya, Kementerian Komunikasi dan Informatika berusaha sekuat tenaga untuk memfasilitasi media dalam peliputan, bekerja, menulis, mengirimkan berita, dan gambar ke media masing-masing melalui keberadaan media center.

"Kami berusaha memfasilitasi semuanya agar dalam peliputan lebih mudah. Menyiapkan media center juga menyiapkan infrastruktur telekomunikasi agar lebih mudah mengirimkan berita kepada khalayak umum," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia mengatakan acara ASEAN Para Games 2022 seharusnya diselenggarakan di Vietnam namun urung dilakukan.

"Sehingga pemerintah bertanggung jawab untuk memastikan kompetisi atlet penyandang disabilitas tetap terlaksana. Tidak lain karena Indonesia sebagai negara yang inklusif bagi semua masyarakat termasuk di dalamnya penyandang disabilitas," katanya.

Halaman:

Editor: Andi Ridwansyah

Sumber: Antara

Tags

Terkini

Satgas PMK Nyatakan 1,43 Juta Ekor Sapi Telah Divaksin

Minggu, 14 Agustus 2022 | 20:24 WIB
X