• Rabu, 10 Agustus 2022

Tim Gabungan Pertebal Pengamanan Acara Penutupan ASEAN Para Games XI 2022 di Solo

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 17:32 WIB
Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) saat menaikan bendera negara peserta ASEAN Para Games (APG 2022 di depan Stadion Manahan Solo, Jumat (29/7/2022). (Antara)
Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) saat menaikan bendera negara peserta ASEAN Para Games (APG 2022 di depan Stadion Manahan Solo, Jumat (29/7/2022). (Antara)

SOLO, insidepontianak.com - Tim gabungan aparat keamanan baik dari TNI, Polri maupun kolaborasi Pemerintah Kota Surakarta mempertebal pengamanan dalam acara penutupan ASEAN Para Games (APG) XI 2022 yang digelar di Stadion Manahan Solo, Sabtu (6/8/2022).

Ribuan aparat pengamanan gabungan melakukan penjagaan baik mulai pintu masuk kawasan Stadion Manahan hingga pintu-pintu utama masuk stadion untuk acara penutupan APG 2022 yang dijadwalkan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, pada sekitar pukul 19.00 WIB.

Menurut Kepala Polres Kota Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, pengamanan acara penutupan APG di Stadion Manahan Solo hampir sama dengan acara pembukaan. Namun, personel gabungan TNI, Polri dan Pemkot Surakarta untuk acara penutupan jumlahnya dipertebal dua kali lipatnya.

"Sebanyak 2.371 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan jalannya 'closing ceremony' APG atau dipertebal dibanding acara pembukaan sekitar 1.375 personel," kata Kapolres.

Baca Juga: Gubernur Ganjar Pranowo Turut Dendangkan Lagu ‘Bengawan Solo’ di pembukaan ASEAN Para Games XI 2022

Kapolres menjelaskan aparat keamanan dengan strategi dan cara bertindak untuk pengamanan jalannya acara pembukaan sama saat acara pembukaan ketika itu oleh Wapres Ma'ruf Amin.

"Untuk acara penutupan kami mempertebal personel pengamanan dengan pertimbangan jumlah penonton yang akan hadir diperkirakan meningkat dibandingkan acara pembukaan," kata Kapolres.

Pengamanan di kawasan Stadion Manahan, kata Kapolres, terbagi menjadi tiga ring pengamanan. Ring satu di dalam stadion, ring dua di kawasan parkir stadion, dan ring tiga di luar area Manahan.

Selain itu, aparat keamanan juga mengoperasikan lima tim gabungan melakukan mobiling monitoring situasi Kamtibmas dan Kamseltibcar lantas selama giat berlangsung.

Menurut Kapolres, pengamanan dilakukan baik terbuka maupun tertutup dan pengawalan terus dilakukan hingga kepulangan para atlet, ofisial, dan wasit serta penyelenggara hingga di Bandara Adi Soemarmo Boyolali.

Halaman:

Editor: Andi Ridwansyah

Sumber: Antara

Tags

Terkini

X