• Jumat, 12 Agustus 2022

Menilik Andil Perempuan Desa Dalam Penguatan DRPPA hingga Penerapan UU TPKS

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 21:37 WIB
Kegiatan sosialisasi dan diskusi terkait DRPPA di Desa Bilayuk Kabupaten Landak, belum lama ini
Kegiatan sosialisasi dan diskusi terkait DRPPA di Desa Bilayuk Kabupaten Landak, belum lama ini

Pagi itu, Kantor Desa Bilayuk, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak penuh sesak. Suara riuh dan ucapan selamat membingkai kantor desa sederhana itu.

Tampak spanduk bertuliskan ‘Selamat, Desa Bilayuk dicanangkan menjadi Desa Ramah Perempuan Dan Peduli anak ( DRPPA) Kabupaten Landak Tahun 2022” berkibar di depan aula kantor desa.

Beberapa perempuan bahkan berdesakan memilih tempat duduk di baris pertama. Raut wajah bahagia terpancar dari warga yang kebanyakan perempuan itu.

Dengan pakaian sederhana tapi rapi, para perempuan desa berjejer menyambut tetamu dari instansi Pemkab Kabupaten Landak.

Baca Juga: Lirik Lagu Left and Right Jungkook BTS feat Charlie Puth, Jangan Dengar Kalau Kamu Lagi Galau Akut!

Mereka bangga desanya nol kekerasan terhadap perempun dan anak. Tak hanya itu, Desa Bilayuk terkenal kompak untuk urusan kehidupan sosial para warganya.

Dalam catatan, Desa Bilayuk masuk Kecamatan Mempawah Hulu dengan dihuni 1874 jiwa penduduk dan 441 kepala keluarga.

Dari jumlah itu, sebanyak 1004 jiwa adalah penduduk laki-laki dan penduduk perempuan 870 sebanyak 870 jiwa. Dari jumlah itu juga sebanyak 595 tak bersekolah dan 453 hanya tamat SD sementara jumlah lainnya hanya mampu menamatkan tingkat SMP-SMA.

Perempuan Desa Bilayuk umumnya berprofesi petani. Sebagai masyarakat desa, mereka sangat paham arti menjaga keluarga mereka dari segala bentuk kekerasan.

Keluarga di desa itu mampu memberikan rasa mana bagi perempuan hingga memberikan kesempatan para perempuan terlibat dalam urusan desa. Terutama dalam layanan publik hingga bersuara untuk kepentingan perempuan setempat.

Bersama empat desa di Kalimantan Barat, Desa Bilayuk Kabupaten Landak mencoba menjadi penerang dalam memberdayakan perempuan dalam pembangunan desa lebih lanjut.

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemensos Kaji Ulang Peraturan Penyaluran Bansos

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:01 WIB
X