• Jumat, 12 Agustus 2022

Pemprov Kalimantan Utara Segera Luncurkan KTP Digital

- Jumat, 24 Juni 2022 | 20:40 WIB
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kaltara Sanusi (Antara)
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kaltara Sanusi (Antara)

TANJUNG SELOR, insidepontianak.com - Pemerintah Provinsi(Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) segera meluncurkan kartu tanda penduduk (KTP) dalam bentuk digital yang kini masih dalam uji coba secara terbatas.

"Segera diluncurkan karena kini masih uji coba terbatas," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kaltara Sanusi di Tanjung Selor, Jumat (24/6/2022).

Ia menyampaikan penggunaan KTP digital dapat diakses melalui aplikasi identitas kependudukan digital yang dapat diunduh secara mandiri melalui ponsel android masing-masing. Namun pengaktifan akun, harus melalui Disdukcapil.

Ditargetkan peluncuran KTP digital untuk masyarakat dapat dilakukan dalam waktu dekat. Menurutnya, saat ini sedang uji coba dan sosialisasi penggunaan KTP digital.

“Saat ini masih terbatas. Kami akan uji cobakan dulu di lingkup pegawai Pemprov Kaltara. Baru nanti kepada masyarakat umum setelah resmi dilaunching,” kata Sanusi.

Baca Juga: Kemnaker dan JICA Perkuat Kerja Sama Penempatan dan Perlindungan PMI

Aplikasi identitas kependudukan digital juga baru bisa diakses oleh smartphone berbasis android. Sementara untuk pengguna iOS pada iPhone masih belum bisa mengakses aplikasi tersebut.

Sanusi menyebutkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) masih mengusahakan penggunaan aplikasi tersebut bisa diakses oleh semua perangkat.

“Sementara ini karena memang ruangnya masih berbasis android. Tapi nanti akan dikonnsultasikan kembali ke Kemendagri akan seperti apa khusus iPhone,” ujar Sanusi.

Hanya saja aplikasi digital menjadi kendala penggunaan KTP digital di wilayah Kaltara. Karena tak semua wilayah di Kaltara sudah terjangkau oleh jaringan internet. “Bagi daerah yang belum ada jaringan, terpaksa menggunakan yang manual dulu. Itu juga kendala kita di sini,” keluhnya.

Halaman:

Editor: Andi Ridwansyah

Sumber: Antara

Tags

Terkini

Kemensos Kaji Ulang Peraturan Penyaluran Bansos

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:01 WIB
X