• Rabu, 5 Oktober 2022

Sosialisasi Makin Masif, Kominfo Lakukan Survei Bagaimana Kesiapan Program ASO TV Digital

- Senin, 20 Juni 2022 | 14:23 WIB
Tv Analog segera dihentikan oleh Kominfo  (Prambors.FM)
Tv Analog segera dihentikan oleh Kominfo (Prambors.FM)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Berberapa langkah strategis dilalakukan Kemanterian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) untuk mensosialisasikan Analog Switch Off (ASO) hingga ke pelosok negeri. Salah satunya melakukan survei terkait kesiapan masyarakat beralih ke siaran TV Digital.

Kominfo sudah kerap melakukan survei untuk melihat sejauh mana masyarakat paham tentang peralihan dari TV Analog ke TV Digital ini.

Menurut Sekretaris Gugus Tugas Analog Switch Off atau ASO Kemenkominfo, Haryukresna Widhiputranto, hasil survei menjadi potret dan bekal merespon serta menentukan langkah selanjutnya. Tujuannya program migrasi ke siaran TV Digital ini semakin lancar dan benar-benar dirasakan manfaatnya secara luas.

Baca Juga: Tempat Spa yang Gelar Bungkus Night di Jaksel Disegel Polisi

“Secara umum, maksud pelaksanaan survei ke masyarakat ini adalah melihat dua hal, yaitu sejauh mana masyarakat tahu tentang adanya peralihan ke siaran TV Digital, dan kedua seberapa besar dorongan masyarakat segera beralih,” kata demikian paparan Haryukresna Widhiputranto, belum lama ini.

Haryukresna Widhiputranto menuturkan, bahwa hasil survei ke masyarakat jadi input penting penentuan langkah dan kebijakan terkait migrasi ke siaran TV Digital.

Diakui Haryukresna Widhiputranto, berbekal potret akurat keadaan dan tanggapan masyarakat, Kominfo merumuskan tindak lanjut secara tepat dan akurat atas beragam perkembangan situasi.

Pelaksanaan survei sekaligus menjadi sarana menyebarluaskan informasi tentang cara beralih ke siaran TV Digital. Salah satunya menunjukkan secara langsung bagaimana melakukan pengaturan hingga televisi di rumah penduduk bisa menangkap siaran TV Digital.

Sosialisasi menjadi kesempatan menunjukkan cara merangkaikan pesawat televisi dengan Set Top Box (STB) DVBT2, dan penegasan pentingnya memasukkan kode pos secara benar saat mengisi data di awal pengaturan.

“Menonton siaran TV Digital jauh beda dengan siaran TV Analog. Bagus,” kata Daryono, warga Margadana, Kota Tegal, salah satu responden survei sekaligus peserta sosialisasi Siaran TV Digital.

Daryono mengatakan bahwa beberapa warga di sekitarnya sudah ada yang secara mandiri beralih ke siaran TV Digital. Kegiatan survei sekaligus sosialisasi menurut Daryono sangat membantu masyarakat. Berbagai hal terkait peralihan ke siaran TV Digital bisa langsung mendapatkan jawaban.

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Netizen Rame-rame Unfollow Akun Rizky Billar

Rabu, 5 Oktober 2022 | 18:20 WIB
X