• Rabu, 17 Agustus 2022

Cuaca Ekstrem di Arab Saudi, Jamaah Haji Diminta Jaga Kesehatan

- Minggu, 19 Juni 2022 | 21:08 WIB
Dokumentasi. Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Fairid Naparin (dia kiri) dan Kakan Kemenag setempat Nur Widiantoro (kiri) saat pelepasan pemberangkatan jamaah calon haji setempat di Palangka Raya, Kamis malam, (16/8/2022).  (insidepontianak.com/Antara/Rendhik Andika)
Dokumentasi. Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Fairid Naparin (dia kiri) dan Kakan Kemenag setempat Nur Widiantoro (kiri) saat pelepasan pemberangkatan jamaah calon haji setempat di Palangka Raya, Kamis malam, (16/8/2022). (insidepontianak.com/Antara/Rendhik Andika)

PALANGKA RAYA, insidepontianak.com - Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, meminta Jamaah Calon Haji (JCH) asal kota setempat mengantisipasi perubahan cuaca ekstrem yang dimungkinkan terjadi selama melaksanakan rangkaian haji di Arab Saudi.

"Karena kondisi cuaca di Arab Saudi sangat berbeda dengan di Indonesia. Dikabarkan cuaca di sana tahun akan ekstrem. Maka kami imbau para calon haji jaga kesehatan," kata Kepala Kantor Kemenag Kota Palangka Raya, Nur Widiantoro dikutip dari Antara, Minggu (19/6/2022).

Dia menyebut cuaca tertinggi saat siang hari di Arab Saudi bahkan akan mencapai 50 derajat Celsius lebih. Keadaan tersebut sangat jauh jika dibandingkan kondisi di Kota Palangka Raya yang rata-rata di bawah 40 derajat Celsius.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Melandai, Omzet Pedagang Pisang Kembali Normal

"Menyikapi kondisi itu, kami minta jamaah untuk selalu melakukan langkah antisipasi seperti dengan selalu membawa semprotan air dan menggunakan alas kaki saat beraktivitas serta perbanyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi," pesan Nur Widiantoro.

Sementara itu, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin juga meminta jamaah calon haji asal kota setempat juga istirahat secara cukup, kembali ke penginapan usai melaksanakan ibadah, makan secara teratur, makan buah dan vitamin untuk menunjang kesehatan.

"Kurangi melakukan aktivitas yang tidak perlu, pastikan seluruh kegiatan yang dilakukan berkaitan dengan ibadah. Jaga kesehatan karena itu salah satu kunci sukses dalam berhaji. Rangkaian ibadah haji memerlukan kondisi fisik yang prima," ucap Fairid Naparin.

Baca Juga: Timsel Rekrutmen Anggota Bawaslu Kaltim Komitmen Tolak Peserta Titipan dari Manapun

Sementara itu, pada musim haji tahun ini, jamaah calon haji asal Kota Palangka Raya berjumlah 164 orang. Diberangkatkan dalam dua periode yakni Kloter lima dan Kloter tujuh.

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X