• Senin, 8 Agustus 2022

Pengamat: Masyarakat akan Tunggu Kinerja Mendag Zulkifli Hasan Stabilkan Bahan Pokok

- Rabu, 15 Juni 2022 | 20:51 WIB
Presiden Joko Widodo usai melantik Zulkifli Hasan (kiri) sebagai Menteri Perdagangan yang baru dan Hadi Tjahjanto (kanan) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022).  (Insidepontianak.com/Antara/Indra Arief)
Presiden Joko Widodo usai melantik Zulkifli Hasan (kiri) sebagai Menteri Perdagangan yang baru dan Hadi Tjahjanto (kanan) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022). (Insidepontianak.com/Antara/Indra Arief)

SURABAYA, insidepontianak.com - Pengamat Politik dan Komunikasi Universitas Airlangga Surabaya Dr Suko Widodo mengatakan, kinerja Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) menstabilkan bahan pokok, terutama minyak goreng sudah ditunggu masyarakat.

Dr Suko Widodo pun menyebut, sepak terjang Zulhas karib Zulkifli Hasan megomandoi Kementerian Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi layak ditunggu.

"Sepak terjang Zulkifli Hasan untuk bisa menstabilkan harga bahan pokok yang tengah melambung akan ditunggu oleh rakyat," kata Dr Suko Widodo dikutip dari Antara, Rabu (15/6/2022).

Ia menilai posisi Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan sangat layak diganti karena tidak bisa menstabilkan harga, seperti minyak goreng.

Baca Juga: Menkue Sri Mulyani Sebut Dinamika Global Tantangan Capai Target Presidensi G20

Meski begitu, dosen FISIP Unair itu cukup kaget ketika Zulkifli Hasan yang ditunjuk untuk menjadi Menteri Perdagangan.

"Zulkifli Hasan memang sedikit mengagetkan karena saya belum tahu apa dia punya background pedagang atau bukan," ucapnya.

Keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk Zulkifli Hasan sebagai Mendag, kata dia, cukup menarik karena selama ini menteri untuk kader Partai Amanat Nasional adalah posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

"Tapi, menteri itu adalah pembuat kebijakan. Jadi, tidak seberapa penting latar belakangnya, yang penting dia mampu dinilai mampu menjalankan tugasnya," kata Sukowi, sapaan akrabnya.

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejumlah Desa di Kabupaten Katingan Dilanda Banjir

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 17:01 WIB
X