• Rabu, 5 Oktober 2022

Jamin Kesehatan Hewan Kurban Jelang Iduladha, Pemerintah Percepat Penanganan PMK

- Kamis, 9 Juni 2022 | 11:26 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Insidepontianak/com/Antara)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Insidepontianak/com/Antara)

JAKARTA, insidepontianak.com - Pemerintah mempercepat penanganan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang tengah menyerang hewan ternak di Indonesia saat ini.

Ini dilakukan untuk menjamin kesehatan hewan kurban bagi masyarakat dalam menghadapi Iduladha 1443 Hijriah pada awal Juli 2022.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat memimpin langsung Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) terkait Penanganan dan Pengendalian PMK, yang digelar secara daring, Rabu (8/6/2022).

Ia mengatakan akan terus mengawasi secara mingguan dan mengikuti secara teknis.

"Ini sesuai dengan permintaan Bapak Presiden, penanganannya kami buat sampai mikro. Kami tangani seperti penanganan pandemi Covid-19. Karena ini sangat mempengaruhi perekonomian rakyat,” kata Airlangga dikutip dari Antara.

Baca Juga: Arvin Rajendra, Remaja 15 Tahun yang Berkali-kali Harumkan Kalbar di Kejurnas Menembak

Menurutnya, pemerintah terus melakukan berbagai upaya penanganan PMK, mulai dari pembentukan Gugus Tugas Penanganan Virus PMK yang rencananya, sampai dengan di tingkat kecamatan/desa, serta pusat krisis yang berkolaborasi dengan TNI/Polri beserta instansi terkait lainnya.

Selain itu, dilakukan pula pembatasan lalu lintas ternak, distribusi bantuan obat, vitamin, disinfektan ke daerah, penyiapan vaksin darurat (impor tiga juta dosis), serta pembuatan vaksin dalam negeri oleh Pusat Veteriner Farma Kementerian Pertanian (Kementan).

Kemudian, dilakukan pelatihan penanganan PMK kepada petugas kesehatan hewan sebanyak 17.050 orang, sosialisasi dan komunikasi publik, serta kerja sama dengan TNI, Polri, Pemda, dan pihak terkait.

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Netizen Rame-rame Unfollow Akun Rizky Billar

Rabu, 5 Oktober 2022 | 18:20 WIB
X