• Sabtu, 25 Juni 2022

Fadli Zon Sebut Pantas Jika Keris Jadi Warisan Agung Budaya Dunia

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 08:00 WIB
koleksi keris di pameran keris Kota Surakarata / gesuri.id
koleksi keris di pameran keris Kota Surakarata / gesuri.id


JAKARTA, insidepontianak.com – Tak berlebihan rasanya jika keris jadi warisan agung budaya dunia. Sebagai senjata tradisional Indonesia keris sudah menjadi warisan budaya yang melegenda hingga saat ini

Ini diungkapkan Ketua Umum Sekretaris Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI) terpilih 2022-2027 Fadli Zon. Ia menyatakan keris yang merupakan salah satu senjata tradisional Indonesia sangat pantas menjadi warisan agung budaya dunia, seperti dikutip Antara.

Saat menyampaikan pidato dalam Kongres III SNKI di Bogor, Jawa Barat, Jumat, dia mengatakan ke depan SNKI ingin bertransformasi agar keris bisa semakin banyak diterima masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Dua Tahun Menunggu, Musikal Monolog Inggit Garnasih Mulai Dipentaskan

"Untuk itu kita akan menggiatkan kembali pameran, bursa keris, penerbitan buku, serta melakukan edukasi baik di dalam dan luar negeri," ujar Fadli Zon dalam kongres secara daring yang dipantau dari Jakarta.


Fadli Zon yang juga Wakil Ketua DPR itu secara aklamasi terpilih kembali sebagai Ketua Umum SNKI 2022-2027 setelah sebelumnya memegang jabatan yang sama untuk periode 2017-2022.

Menurut dia, formatur kepengurusan SNKI ke depan akan memasukkan para ahli perwakilan dari berbagai daerah di Indonesia karena dalam dunia perkerisan setiap daerah memiliki keunikan masing-masing.

"Pengurus yang akan datang mewakili unsur daerah, ahli serta memiliki latar belakang keahlian (perkerisan)," ujar Fadli Zon.

Selain itu, lanjutnya, ke depan pihaknya ingin lebih banyak menarik generasi muda serta kalangan perempuan dalam pengurusan SNKI karena selama ini terkesan dunia perkerisan didominasi oleh kaum pria.

Baca Juga: 10 Cara Realistis Kurangi Makanan Olahan Demi Diet Berkualitas

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kepala BNPB Tinjau Penanganan PMK di Jatim

Sabtu, 25 Juni 2022 | 14:24 WIB
X