• Sabtu, 25 Juni 2022

KKN di Desa Penari dan Bias Gender Film Hantu Perempuan di Indonesia

- Jumat, 20 Mei 2022 | 21:36 WIB
Aulia Sarah perankan sosok pnari cantik Badarawuhi di Film KKN Desa Penari (Instagram @owliasarah)
Aulia Sarah perankan sosok pnari cantik Badarawuhi di Film KKN Desa Penari (Instagram @owliasarah)

BANDUNG, insidepontianak.com - Tema film hantu di Indonesia ternyata bias gender. Terbaru film "KKN di Desa Penari" juga menampilkan perempuan sebagai sosok hantu.

Peneliti komunikasi, Justito Adiprasetio menyebut bias gender pada film hantu Indonesia berlangsung dari masa ke masa. Perempuan, termasuk dalam "KKN di Desa Penari" digambarkan sebagai sosok gaib yang menyeramkan.

Horor dalam film hantu Indonesia, kata Justito identik dengan sosok perempuan. Film KKN di Desa Penari, salah satu yang melanggengkan stereotipe bias gender tersebut.

Film-film horor Indonesia mengalami dinamika dari segi narasi dan sinematografi. Namun tetap cenderung menempatkan perempuan secara dominan sebagai hantu.

Sebut saja film "Lisa" yang tayang di bioskop pada tahun 1971 hingga "Pengabdi Setan" (2017) yang katanya sukses sebagai horor kontemprer, menempatkan sosok perempuan sebagai hantu utama.

Justito menyebut dari segi pemilihan karakter perempuan sebagai hantu, film-film horor kontemporer memiliki hubungan tekstual dengan film horor Indonesia yang diproduksi tahun 1926-1998. 

Sebanyak 2/3 dari jenis hantu pada film periode tersebut adalah hantu perempuan. "Presentasi perempuan sebagai sosok hantu utama dalam film horor Indonesia berbanding lurus dengan representasi perempuan sebagai tokoh protagonist," kata Justito.

Karakter perempuan dalam film horor Indonesia biasanya digambarkan sebagai pemberontak yang menghadapi ketidakadilan laki-laki.

Masyarakat yang tidak terbiasa menerima perempuan sebagai pembunuh, membuat perempuan dikonstuksikan sebagai korban.

Perempuan baru bisa membalas dendam kepada lelaki yang sudah membunuhnya, setelah si perempuan meninggal dan menjadi hantu.

Halaman:

Editor: Haksoro

Tags

Terkini

Kepala BNPB Tinjau Penanganan PMK di Jatim

Sabtu, 25 Juni 2022 | 14:24 WIB
X