• Sabtu, 25 Juni 2022

Teror Warga, Buaya Muara Terlihat di Permukiman Penduduk di Pasia Paneh Kabupaten Agam

- Jumat, 20 Mei 2022 | 17:21 WIB
Seekor buaya muara terlihat berkeliaran di sekitar permukiman penduduk dan sekolah dasar di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Warga khawatir buaya menyerang anak-anak. (Pixabay.com)
Seekor buaya muara terlihat berkeliaran di sekitar permukiman penduduk dan sekolah dasar di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Warga khawatir buaya menyerang anak-anak. (Pixabay.com)

LUBUKBASUNG, insidepontianak.com - Seekor buaya muara terlihat naik ke sekitar permukiman penduduk di Pasia Paneh, Kecamatan Tanhungmutiara, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.  

Munculnya buaya muara di sekitar sungai Desa Pasia Paneh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengkhawatirkan warga sekitar. 

Warga sekitar sungai Desa Pasia Paneh khawatir buaya muara itu menyerang warga. Apalagi buaya terlihat di dekat SDN 12 Pasia Paneh, Kabupaten Agam.

Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Rinaldi di Lubukbasung mengatakan, informasi soal keberadaan buaya diperoleh dari warga sekitar.
 
Warga sekitar sungai mengirimkan video kepada BPBD Agam. "Buaya dengan panjang 2,5 meter itu terlihat sedang tidur di belakang SDN 12 Pasia Paneh," katanya.

Menurut Rinaldi, rekaman itu membuat warga sempat resah. Lokasi terlihatnya buaya dekat dengan tempat siswa SD beraktifitas. 

BPBD Agam akan melakukan koordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Maninjau untuk menangkap atau mengusir buaya muara

"Saya telah menghubungi BKSDA Resor Maninjau untuk menyikapi keluhan itu," kata Rinaldi seperti dikutip ANTARA.

 
Dia mengimbau siswa dan warga di daerah itu tidak mendekati lokasi keberadaan buaya tersebut.

 

Selain itu, warga diminta tidak melakukan aktivitas di sepanjang aliran sungai yang ada di Kecamatan Tanjungmutiara. Kawasan itu dikenal sebagai habitat buaya.
 
"Jangan mandi di sungai atau melakukan aktivitas lainnya. Buaya (akan menyerang) merasa terganggu," katanya.

Editor: Haksoro

Tags

Terkini

Kepala BNPB Tinjau Penanganan PMK di Jatim

Sabtu, 25 Juni 2022 | 14:24 WIB
X