• Minggu, 26 Juni 2022

Anda Mesti Paham, Masalah Kebebasan Pers dan Tantangan di Era Digital

- Kamis, 19 Mei 2022 | 22:48 WIB
Anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar memakai topeng hitam saat mengikuti aksi Hari Kebebasan Pers Sedunia di Makassar, Sulawesi Selatan (3/5/2021). (ANTARA/Abriawan Abhe)
Anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar memakai topeng hitam saat mengikuti aksi Hari Kebebasan Pers Sedunia di Makassar, Sulawesi Selatan (3/5/2021). (ANTARA/Abriawan Abhe)

JAKARTA, insidepontianak.com - Masalah kebebasan pers masih menjadi elemen sangat penting dalam kehidupan berdemokrasi, karena pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas demokrasi.

Dengan kebebasan pers, media massa dapat menyampaikan beragam informasi untuk mendukung warga negara berperan dalam demokrasi. Di era digital, teknologi digital dan kebangkitan platform daring telah mengubah cara manusia memproduksi, berbagi, dan mengonsumsi berita.

Era kebebasan pers saat ini sedang menghadapi berbagai tantangan di era digital, baik yang diakibatkan oleh faktor eksternal maupun internal di kalangan pers itu sendiri.

Baca Juga: Peringati HPN 2022, Bupati Satono: Pers Ujung Tombak Sukseskan Program Penanganan Pandemi

Hal tersebut diungkapkan dosen Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Papua Nahria dalam diskusi bertajuk Press Freedom in the Digital Era, secara virtual.

Memperingati hari kebebasan pers dunia atau World Press Freedom, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia mengadakan diskusi yang membahas kebebasan pers di era digital.

Tantangan kebebasan pers di era digital adalah kemunculan media sosial yang masif, banjir informasi dan bergesernya motivasi dalam membuat media.

Selain itu, kebebasan pers mendapat tantangan dengan terjadinya kekerasan terhadap jurnalis atau media dalam bentuk baru, seperti doxing, flayer, peretasan situs berita, dan penyebaran data pribadi di media sosial.

Baca Juga: Arif Zulkifli, Dewan Pers Beri Perhatian Pilpres dan Pileg 2024

Halaman:

Editor: Muhlis Suhaeri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banjir di Muara Enim Rendam Ratusan Rumah Warga

Minggu, 26 Juni 2022 | 11:58 WIB
X