• Senin, 27 Juni 2022

Kedutaan Besar Inggris di Jakarta Tanam Gaharu Peringati 70 Tahun Tahta Ratu Elizabeth II

- Kamis, 19 Mei 2022 | 16:05 WIB
Kedutaan Besar Inggris di Jakarta menanam pohon gaharu untuk memperingati 70 tahun tahta Ratu Elizabeth II. Ratu naik tahta saat berusia 25 tahun, menggantikan ayahnya Raja George yang wafat karena sakit.  (Zimbio.com)
Kedutaan Besar Inggris di Jakarta menanam pohon gaharu untuk memperingati 70 tahun tahta Ratu Elizabeth II. Ratu naik tahta saat berusia 25 tahun, menggantikan ayahnya Raja George yang wafat karena sakit. (Zimbio.com)
JAKARTA, insidepontianak.com - Memperingati 70 tahun Ratu Elzabeth II bertahta, Kedutaan Besar Inggris di Jakarta menanam pohon gaharu di taman kedutaan.  

Kedutaan Besar Inggris memilih Gaharu yang merupakan tanaman asli Indonesia sebagai penanda peringatan 25 tahun Ratu Elizabeth II menjadi Ratu Inggris.

Ratu Elizabeth resmi diangkat menjadi Ratu pada 6 Februari 1952. Kedutaan Besar Inggris di Jakarta menanam gaharu sebagai rangkaian peringatan tersebut.   

Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Robb Fenn mengatakan, penanaman gaharu merupakan bagian dari peringatan 70 tahun Ratu Elizabeth II memimpin Kerajaan Inggris Raya.

 “Jadi, kami membeli pohon ini untuk Ratu kami. Itu pohon gaharu, pohon asli Indonesia,” kata Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Robb Fenn, Rabu (18/5/2022) dikutip ANTARA.

Penanaman pohon ini juga mendukung inisiatif Queen's Green Canopy. Dimana lebih dari 1 juta pohon ditanam di Inggris untuk merayakan Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II.

“Kami berharap ini akan berkembang seperti hubungan antara Inggris dan Indonesia yang berkembang pesat,” kata Robb Fenn.

Lebih lanjut Robb berharap, dalam 70 tahun ke depan pohon tersebut akan menyaksikan banyak perubahan positif dalam hubungan kedua negara. “Bahwa kita akan terus maju dan tumbuh bersama.”

Pada 6 Februari 1952, Raja Goerge VI wafat. Ratu Elizabeth II otomatis diangkat menggantikan ayahnya memimpin Kerajaan Inggris.

Saat itu usia Elizabeth II baru berusia 25 tahun. Putri Elizabeth sudah terbiasa menggantikan tugas kenegaraan ayahnya yang sakit-sakitan karena menderita kanker.      

Raja George VI meninggal saat Putri Elizabeth II sedang menjalani lawatan kenegaraan ke Kenya, Afrika.

Halaman:

Editor: Haksoro

Tags

Terkini

Banjir di Muara Enim Rendam Ratusan Rumah Warga

Minggu, 26 Juni 2022 | 11:58 WIB
X