• Senin, 27 Juni 2022

Aksi Menteri Sosial Tri Rismaharini Bikin Perempuan Pemulung Ini Teriak Alhamdulillah

- Selasa, 17 Mei 2022 | 14:03 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini berdialog dengan Arti, perempuan pemulung yang ditemui di pinggir  Jalan Raya Sukowati Timur, Ngrampal (kemensos)
Menteri Sosial Tri Rismaharini berdialog dengan Arti, perempuan pemulung yang ditemui di pinggir Jalan Raya Sukowati Timur, Ngrampal (kemensos)

SRAGEN, insidpeontianak.com - Arti, perempuan pemulung sama sekali tak menyangka, dirinya mendapat bantuan sosial dari pemerintah, lantaran tanpa sengaja mendadak dipanggil Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Pertemuan perempuan pemulung dan Menteri Sosial Tri Rismahar berlangsung di Jalan Raya Sukowati Timur, Ngrampal -- sekitar 3 km dari pusat Kota Sragen. Saat itu perempuan pemulung ini sedang menyusuri tepian jalan tak bertrotoar, Senin (16/05/2022).

Begitu Menteri Sosial Tri Rismahar minta staf mendata perempuan pemulung untuk diberikan bantuan sosial, dengan spontan perempuan pemulung ini berteriak “Alhamdulillah”.

Arti, nama perempuan pemulung ini saat diwawancara mengaku, hari itu ia sedang mendorong pelan sepedanya, dengan tumpukan barang bekas di boncengan belakang. Tiba-tiba ia dikejutkan dengan suara beberapa orang berlari di belakangnya.

Suara itu makin dekat, membuatnya harus menoleh sambil masih mendorong sepeda. Langkahnya baru berhenti setelah beberapa orang tadi berdiri mengelilinginya.

Kebetulan, hari itu, Menteri Sosial Tri Rismahar dan rombongan baru saja selesai santap siang di sebuah restoran di dekat pertemuan dengan Arti. Mensos tengah bersiap memasuki kendaraan dinas, ketika tiba-tiba Mensos mendapati Arti mendorong sepeda dengan barang bekasnya tertambat di boncengan. Maka terjadilah perbincangan sebagaimana di atas.

"Pundi bojone njenengan (mana suamimu)?" seorang perempuan berkerudung yang ikut mengelilinginya, mulai bertanya. Arti menatap sejenak. Ia merasa seperti kenal. Beberapa menit dia mulai sadar, si ibu yang bertanya tadi adalah Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Rasa haru mulai terasa di hatinya. Dengan suara sedikit bergetar, ia menjawab dengan suara lirih. "Bojo kulo sok kerjo ngeten niki (suami saya juga kerja seperti ini)," kata Arti.
"Sampeyan sedinten pinten ngeten niki? (Kamu sehari dapat uang berapa dengan kerja seperti ini?)," Mensos bertanya, dikutip insidepontianak dari laman kemensos.

"Nggih mboten nentu, kadang 30 ewu. Kadang 20 ewu . (Ya tidak tentu, kadang Rp30 ribu, kadang Rp20 ribu)," kata Arti.

"Kalih bapake gaweane oleh piro?. (Kalau bekerja menjadi pemulung bersama dengan suami bisa dapat berapa?)," Mensos bertanya.

Halaman:

Editor: Agus Wahyuni

Sumber: kemensos.go.id

Tags

Terkini

Banjir di Muara Enim Rendam Ratusan Rumah Warga

Minggu, 26 Juni 2022 | 11:58 WIB
X