• Minggu, 26 Juni 2022

Semakin Mewabah, Penyakit Mulut dan Kuku Sudah Menjangkiti Sapi di Sumatra Barat

Abdul Halikurrahman
- Selasa, 17 Mei 2022 | 13:58 WIB
Ilustrasi (Insidepontianak.com/Dok)
Ilustrasi (Insidepontianak.com/Dok)

JAKARTA, insidepontianak.com – Penyakit mulut dan kuku atau PMK pada hewan semakin meluas. Kini, sapi-sapi di Sumatra Barat sudah ada yang terjangkit. Ini disampiakan Pemerintah Kota Paya Kumbah, Sumatra Barat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Payakumbuh, Rida Ananda menyampaikan, di wilayahnya, terdeteksi empat sapi positif terpapar penyakit PMK.

Keempat sapi itu berada di satu lokasi dan satu kandang, di Kelurahan Balai Jariang, Kecamatan Payakumbuh Timur.

Kondisi ini membuktikan PMK pada hewan semakin mewabah. Semua pehiak harus waspada. Pengawasan hewan ternak harus lebih diintensifkan.

"Jadi kita sudah meminta kepada Kadis Pertanian untuk mengisolasi empat sapi yang telah dinyatakan positif PMK ini," kata Rida dikutip Insidepontianak.com dari Pikiran-Rakyat.com di artikel berjudul “Wabah PMK Kian Meluas, Kini Menjangkiti Sapi di Sumatra Barat” Selasa (17/5/2022).

Dengan ditemukannya PMK di Payakumbuh, Rida meminta masyarakat turut berhati-hati dengan penyakit tersebut, terlebih penularannya dinilai cepat.

"Jadi, dengan kondisi ini, kita mengajak seluruh peternak berhati-hati dan bersama-sama mencegah penularan PMK ini," pesan Rida.

Baca Juga: Dedi Mulyadi Minta Kementan Ambil Langkah Cepat Atasi Penyakit Mulut dan Kuku pada Ternak

Salah satu yang bisa dilakukan masyarakat, kata Rida, adalah dengan menjaga kebersihan kandang dengan melakukan penyemprotan menggunakan disinfektan.

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banjir di Muara Enim Rendam Ratusan Rumah Warga

Minggu, 26 Juni 2022 | 11:58 WIB
X