• Selasa, 17 Mei 2022

Prosesi Penyulutan Api Dharma Jelang Hari Raya Tri Suci Waisak di Mrapen Grobogan

- Minggu, 15 Mei 2022 | 11:12 WIB
Prosesi pengambilan api abadi Mrapen di Grobogan, jelang Tri Suci Waisyak. (Kemenag.)
Prosesi pengambilan api abadi Mrapen di Grobogan, jelang Tri Suci Waisyak. (Kemenag.)

MRAPEN, insidepontianak.com - Menjelang perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak yang dirayakan umat Buddha, selalu dimulai dengan pengambilan api Dharma di Mrapen, Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah. Umat Buddha terdiri dari Bikkhu, perwakilan majelis Buddha dan masyarakat Buddha, hadir mengikuti prosesi pengambilan api Dharma dari api abadi Mrapen, Grobogan, Sabtu (14/5/2022). 

Ritual dimulai dari penyalaan lilin panca warna, bersama Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha Ditjen Bimas Buddha Kementerian Agama Supriadi, hingga gelaran ritual dari perwakilan majelis umat Buddha Indonesia, jelang pengambilan api Dharma di Mrapen, Grobogan. Perwakilan majelis Buddha itu di antaranya, Majelis Palpung, Mahanikaya Indonesia, Zhenfo Zong Kasogatan Indonesia, Theravada dan Sangha lainnya.

Tepat pukul 12.00 WIB, prosesi pengambilan api Dharma di objek wisata Api Alam Mrapen dimulai. Para Bikkhu, Panitia Waisak dan Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha, mulai bergerak ke arah sumber api abadi di samping Batu Bobot Peninggalan Sunan Kalijaga Abad XV. Sebelum mengambil api, mereka membakar kemenyan sebagai tanda dimulainya pengambilan api abadi Mrapen di Grobogan.

Baca Juga: Jembatan Gantung Simpay Asih dari Yayasan Buddha Tzu Chi Bikin Warga Tak Khawatir Sungai Citarum Meluap

Api Dharma Waisak Nasional 2022, disulut menggunakan obor oleh masing-masing perwakilan majelis Buddha. Kemudian, dibawa ke mobil bak terbuka. Prosesi dilanjutkan dengan menyulutkan api ke Angklu, berbentuk bunga teratai di atas mobil dan diarak hingga keluar pelataran objek wisata api abadi Mrapen, sebelum dibawa menuju Candi Mendut, Magelang dengan pengawalan mobil polisi.

Pengambilan api Dharma di Mrapen merupakan rangkaian perayaan Tri Suci Waisak Nasional 2566 BE Tahun 2022, mengusung tema "Jalan Kebijaksanaan Menuju Kebahagiaan".

Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha Kemenag Supriyadi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pengambilan api abadi ini merupakan rangkaian awal dari proses kegiatan perayaan Waisak Nasional 2022.

Baca Juga: Dirjen Bimas Buddha Kemenag RI Imbau Perayaan Waisak Dilaksanakan dari Rumah

"Api merupakan simbol penerangan dan semangat mengobarkan perbuatan bajik, yang tidak hanya bermanfaat bagi umat Buddha, melainkan untuk semua," kata Supriyadi.

Halaman:

Editor: Muhlis Suhaeri

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X