• Selasa, 17 Mei 2022

Beasiswa Santri Berprestasi Tinggi Peminat

- Kamis, 12 Mei 2022 | 06:06 WIB
Direktur Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren, Waryono Abdul Ghafur  (Kemenag)
Direktur Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren, Waryono Abdul Ghafur (Kemenag)

JAKARTA, insidepontianak.com - Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) tinggi peminat. Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama mencatat, ada 6.169 santri yang berhak mengikuti tes berbasis elektronik pada 12 Mei 2022.

Program Beasiswa Santri Berprestasi selalu ramai peminat. Tahun ini ada 6.169 santri yang lolos verifikasi, dan berhak ikut computer assested test (CAT) pada 12 Mei 2022,” kata Direktur Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren, Waryono Abdul Ghafur di Jakarta, seperti dikutip dari Kemenag.

"Tingginya minat santri untuk mendaftar PSBB ini, perlu diafirmasi dengan alokasi anggaran yang memadai," kata Waryono Abdul Ghafur.

Baca Juga: Bupati Satono Bersama Kepala Kemenag Duduk Semeja Selaraskan Program Atasi Pandemi

Sampai penutupan, total ada 13.011 santri yang mendaftar. Mereka berasal dari 1.730 pesantren. Namun, yang melengkapi data persyaratan pendaftaran berjumlah 6.391. Setelah dilakukan verifikasi, ada 6.169 santri yang berhak ikut CAT.

Materi tes dibagi dalam dua jenis. Pertama, materi untuk seluruh peserta tes, berupa materi kepesantrenan, keagamaan, dan kebangsaan, serta materi Bahasa (Bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris). Kedua, materi sesuai pilihan program studi (prodi). Ada delapan pilihan prodi, yaitu: Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Sosial Humaniora, Sains dan Teknologi, Magister Teknik Informatika, Magister Industri dan Bisnis Halal, Magister Manajemen, dan Magister Ilmu Falak.

“Hasil tes CAT akan diumumkan pada 19 Mei. Peserta yang dinyatakan lolos, berhak ikut tes wawancara yang juga akan dilakukan secara online,” jelas Waryono Abdul Ghafur.

Baca Juga: Buka Pondok Ramadan di Desa Jirak, Wabup Fahrur Rofi: Ajang Silaturahmi dan Pendidikan Karakter Anak

Tes Wawancara rencana akan dilakukan pada rentang 24 – 27 Mei 2022. Hasil kelulusan PBSB 2022 diumumkan 9 Juni 2022. Nantinya, ada 600 santri yang akan menerima beasiswa pada tahun 2022.

Halaman:

Editor: Muhlis Suhaeri

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X