• Minggu, 26 Juni 2022

Tidak Benar Hepatitis Akut Serang Anak Akibat Vaksin Covid 19 Ini Jawaban Kemenkes

- Jumat, 6 Mei 2022 | 01:53 WIB
Ilustrasi hepatitis akut serang anak (Ilust/PR)
Ilustrasi hepatitis akut serang anak (Ilust/PR)

JAKARTA, insidepontianak.com – Informasi adanya hepatitis akut serang anak yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 ternyata tidak benar. Dan itu sudah dibantah oleh Kemenetrian Kesehatan (Kemenkes).

Lead Scientist, dari Kemenkes, Prof Hanifah Oswari dalam keterangan pers, mengatakan kejadian hepatitis akut dihubungkan dengan vaksin Covid-19 tidak benar. Belum ada hubungan hepatitits akut serang anak yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19.

Sebagaimana diketahui, rilis dari Kemenkes, tiga pasien anak yang dirawat di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo Jakarta, dengan dugaan hepatitis akut serang tiga anak dalam kurun waktu rentang dua minggu terakhir hingga 30 April 2022. Ketiga anak tersebut dinyatakan sudah menjalani vaksin Covid-19.   

Hanifah menyampaikan bahwa sampai saat ini juga belum ada bukti yang menunjukkan adanya kaitan penyakit hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya dengan virus Covid-19, melainkan adanya kejadian yang koinsiden (bersamaan).

Baca Juga: Dinkes Kalbar Antisipasi Hepatitis Akut, Hary Agung: Masyarakat Jangan Panik

Sebagai upaya peningkatan kewaspadaan, pencegahan dan pengendalian infeksi hepatitis akut pada anak, pemerintah telah menerapkan beberapa hal, di antaranya dengan mengeluarkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/2515/2022 tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus hepatitis akut yang tidak diketahui etiologinya (Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology).

Selain itu, Kemenkes telah menunjuk antara lain Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof Dr. Sulianti Saroso dan Laboratorium Fakultas Kedokteran UI sebagai laboratorium rujukan untuk pemeriksaan spesimen.

Pemerintah juga meminta seluruh tenaga kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan untuk menerapkan pencegahan dan pengendalian infeksi, khususnya untuk infeksi virus. Selain itu juga diharapkan adanya rumah sakit rujukan di setiap kabupaten.

Baca Juga: Hepatitis Akut Mengintai Anak, Hary Agung: Gejalanya Kuning di Kulit Hingga Diare

 

Halaman:

Editor: Agus Wahyuni

Sumber: Insidepontianak.com

Tags

Terkini

Banjir di Muara Enim Rendam Ratusan Rumah Warga

Minggu, 26 Juni 2022 | 11:58 WIB
X