• Minggu, 26 Juni 2022

Menko Muhadjir Effendi Minta Pelacakan Hepatitis Akut Secara Menyeluruh di Indonesia

- Kamis, 5 Mei 2022 | 18:48 WIB
Kasus penularan hepatitis akut terdeteksi di Indonesia. Menko PMK Muhadjir Effendi meminta penyebarannya dipantau untuk mempermudah pencegahan.  (Dr_Microbe)
Kasus penularan hepatitis akut terdeteksi di Indonesia. Menko PMK Muhadjir Effendi meminta penyebarannya dipantau untuk mempermudah pencegahan. (Dr_Microbe)

JAKARTA, insidepontianak.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendi meminta pelacakan kasus hapatitis akut dilakukan masif di seluruh Indonesia.

Pelacakan secara menyeluruh kata Muahdjir Effendi akan memudahkan otoritas kesehatan menangani penyebaran hepatitis akut. Kasus ini diduga mulai masuk ke Indonesia  

Apalagi menurut Muhadjir Effendi saat ini mulai beredar berita hoaks soal hepatitis akut yang dikaitkan dengan vaksinasi anak. Dia minta masalah ini segera diantisipasi.

“Proaktif melakukan melakukan penyisiran di setiap daerah. Untuk memastikan kasus hepatitis akut belum menyebar kemana-mana,” kata Muhadjir Effendi, dalam keterangan pers virtual di Jakarta, Kamis (5/5/2022).  

Baca Juga: Hepatitis Akut, Kenali Gejala dan Penyebab pada Anak

Menko PMK mengingatkan agar penanganan dapat dilakukan segera. Sebab informasi soal hepatitis akut mulai banyak tersebar di masyarakat.

Tanpa penjelasan lebih lanjut, dikhawatirkan situasi ini bisa dimanfaatkan pihak-pihak untuk menyebarkan ketakutan.

“Hepatitis akut bergejala berat sudah menjadi persoalan global karena sudah terjadi di beberapa negara maju.”

Temuan kasus hepatitis akut bergejala berat antara lain sudah ditemukan di Amerika Serikat, Inggris, dan Singapura. Penyakit ini terditeksi lebih awal di negara maju karena didukung instrumen kesehatan yang canggih.

Baca Juga: Hepatitis Akut Mengintai Anak, Hery Agung: Gejalanya Kuning di Kulit Hingga Diare

Halaman:

Editor: Haksoro

Tags

Terkini

Banjir di Muara Enim Rendam Ratusan Rumah Warga

Minggu, 26 Juni 2022 | 11:58 WIB
X