• Minggu, 26 Juni 2022

Pesan Mahfud MD Agar Pemudik Tidak Ngamuk Komunikasi Aparat Harus Bersahabat

- Sabtu, 30 April 2022 | 10:49 WIB
Sejumlah kendaraan mengantre untuk naik ke atas kapal di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (29/4/2022).(Antara/Akbar Nugroho Gumay)
Sejumlah kendaraan mengantre untuk naik ke atas kapal di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (29/4/2022).(Antara/Akbar Nugroho Gumay)

JAKARTA, insidepontianak.com - Menko Polhukam, Mahfud MD meminta aparat yang menjalankan tugas menjaga arus lalu lintas yang dilintasi para pemudik Idul Fitri, agar menjalin komunikasi yang bersahabat dengan pemudik.

Sebagai aparat, membangun komunikasi yang bersahabat kepada para pemudik ini penting dilakukan. Karena pada umumnya, masyarakat yang mudik, semangatnya adalah ingin bersilaturahmi. Yakni untuk ibadah, setelah sekian lama tidak dilakukan. Apalagi, kata Mahfud MD, mereka para pemudik ini beragam pengalamannya, pemahamannya, tingkat pendidikannya, jadi harus lebih arif menghadapinya


Pun juga sebaliknya. Kata Mahfud MDpemudik juga harus memahami bahwa aparat juga bekerja berdasarkan prosedur dan aturan, jadi pemudik harus kooperatif kalau diatur, misalnya disuruh berhenti dulu dan diarahkan jalannya.

“Masyarakat yang mudik juga harus sadar, menjaga ketertiban, membantu petugas lapangan. Petugas juga harus bersabar menghadapi berbagai masyarakat yang mudik, dan menghayati ini sebagai tugas negara,” kata Mahfud, dalam siaran pers.

Sebelumnya, pemudik Idul fitri sempat mengamuk sejumlah titik arus mudik Idul Fitri. Para pemudik bahkan merekam video mereka dan viral. Satu di antaranya video viral pemudik ngamuk di km 70, tol Cikampek.

Di video ini para sopir mengamuk dan marah-marah, akibat kemacetan parah , disinyalir akibat sistem one way yang diterapkan Korlantas Polri.

Kasus lainnya, yang viral baru-baru ini adadi Pelabuhan Merak, Banten, yang mana puluhan supir mengamuk di pelabuhan, lantaran mobil mereka tak kunjung diperbolehkan naik ke kapal, karena jenuh sudah antre hingga 12 jam lamanya. Puluhan sopir bahkan cek-cok dengan petugas pelabuhan.

Editor: Agus Wahyuni

Sumber: Siaran Pers

Tags

Terkini

Banjir di Muara Enim Rendam Ratusan Rumah Warga

Minggu, 26 Juni 2022 | 11:58 WIB
X