• Rabu, 29 Juni 2022

Menparekraf Sandiaga Dorong Pelaku Ekraf di Pontianak Manfaatkan Teknologi

- Jumat, 11 Maret 2022 | 11:26 WIB
Workshop KaTa Kreatif
Workshop KaTa Kreatif

PONTIANAK, insidepontianak.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengajak pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di Pontianak terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk. Juga memanfaatkan teknologi. Agar pangsa pasar dari produk yang dihasilkan lebih luas.

"Ini yang perlu kita kembangkan. Sehingga ini bisa menjadi penunjang wisata di Pontianak,” kata Sandiaga Uno saat  Workshop KaTa Kreatif di Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kamis (10/3/2022).

Menurut Sandi, karib dia disapa, Kota Pontianak memiliki potensi besar di bidang kuliner. Memiliki beragam kuliner khas. Seperti minuman lidah buaya, kue bingke berendam, jorong-jorong, dan banyak kuliner lainnya.

"Potensi ini dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha. Apalagi selama pandemi, kuliner salah satu sub sektor ekonomi kreatif yang tidak banyak terpengaruh," terangnya.

Selain itu, ekonomi kreatif juga memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. Bisa menjadi salah satu pilar menyokong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Oleh karena itu, Kemenparekaf juga fokus mendorong pengembangan ekraf di seluruh Tanah Air. Salah satunya dengan menggelar wlWorkshop KaTa Kreatif Indonesia 2022 di berbagai titik.

Kegiatan ini, bentuk komitmen Kemenparekaf meningkatkan kualitas ekonomi kreatif dengan mendorong penggunaan teknologi digital.

Sandi optimis dengan meningkatnya inovasi, kreativitas dan kewirausahaan para peserta, dapat mendorong bangkitnya ekonomi kreatif Indonesia, sehingga dapat berperan menciptakan lapangan kerja.

Mantan Wagub DKI Jakarta ini, juga mengajak pelaku ekonomi kreatif terus bersemangat melakukan upaya pemulihan dan stabilisasi ekonomi pascapandemi.

Dengan cara, memaksimalkan penggunaan teknologi informasi. Sehingga tetap dapat menciptakan perubahan positif, serta menjadikan potensi wisata dan ekonomi kreatif sebagai lokomotif penggerak perekonomian.

Seperti diketahui, Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia 2022, sudah berlangsung di beberapa kota. Seperti Lombok yang digelar pada 21 Februari2022, Belitung pada 26 Februari 2022, serta pada tanggal 2 Maret 2022, Workshop KaTa Kreatif dilaksanakan di Jambi, dan Majalengka. Dan, pada tanggal 5 Maret 2022, Workshop KaTa Kreatif digelar di Pontianak.

Workshop KaTa Kreatif Indonesia 2022, tidak hanya mendorong pengembangan di sektor kuliner dan Ekraf. Melainkan juga di bidang seni yang mendukung pariwisata di daerah-daerah tersebut.

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Gas Klorin Bocor di Yordania, 12 Tewas 251 Terluka

Selasa, 28 Juni 2022 | 12:32 WIB
X