• Selasa, 28 Juni 2022

Pemkab Melawi dan Katingan Jalin Kerjasama Pembangunan Daerah

- Rabu, 19 Januari 2022 | 19:46 WIB
WhatsApp_Image_2022-01-18_at_20_15_23
WhatsApp_Image_2022-01-18_at_20_15_23

MELAWI, insidepontianak.com - Pemerintah Kabupaten Melawi dan Pemerintah Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah menjalin kerjasama pembangunan daerah. Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) antara Bupati Melawi Dadi Sunarya Usfa Yursa dengan Bupati Katingan Sakariyas, di Kantor Bupati Katingan, Selasa (18/1/2022).

Bupati Melawi Dadi Sunarya Usfa Yursa mengatakan Pemerintah Kabupaten Melawi saat ini terus berupaya melakukan pembangunan di berbagai bidang guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk mencapai hal tersebut diperlukan kerjasama dan sinergitas yang baik, tidak hanya di lingkup internal, melainkan juga dengan lingkup eksternal seperti dengan Pemerintah Daerah lainnya, dalam hal ini adalah Pemerintah Kabupaten Katingan di Provinsi Kalimantan Tengah,” ujar Bupati Dadi Sunarya.

Ia mengungkapkan kunjungannya bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Melawi ke Kabupaten Katingan selain sebagai untuk meningkatkan kerjasama pembangunan, namun juga dapat menjadi ajang untuk mempererat silaturahmi dan menjalin persahabatan diantara kedua Pemerintah Daerah.

“Momentum ini sangat dibutuhkan untuk saling berbagi informasi, inovasi, wawasan, dan pengetahuan serta sama-sama belajar demi perbaikan dan kemajuan bersama sehingga tercapai hal positif sebagaimana yang kita harapkan bersama,” ungkapnya.

Bupati Dadi Sunarya mengungkapkan kerjasama pembangunan antar daerah tersebut dimaksudkan untuk memantapkan hubungan keterkaitan antar daerah, meningkatkan keterpaduan dalam pengelolaan berbagai program kegiatan pembangunan, sinergitas pemanfaatan dan pengembangan potensi yang mempunyai keterkaitan, saling membutuhkan sumber daya berkaitan dengan letak geografis serta meningkatkan pertukaran pengetahuan, teknologi, dan kapasitas fiskal.

“Karena secara geografis, Kabupaten Katingan adalah daerah tetangga sehingga dibutuhkan keterbukaan akses jalan antara dua Kabupaten ini, sehingga fokus awal kerjasama kita adalah di bidang infrastruktur dan kesehatan untuk masyarakat di perbatasan,” ujarnya.

Ia berharap penandatanganan kesepakatan kerjasama tersebut dapat meningkatkan sinergitas antara Pemerintah Daerah di berbagai bidang pembangunan demi mewujudkan masyarakat Kabupaten Melawi dan Kabupaten Katingan yang sejahtera.

Bupati Katingan Sakariyas menyambut baik adanya kunjungan jajaran Pemerintah Kabupaten Melawi di Kabupaten Katingan sekaligus penandatangan MoU kerjasama di bidang pembangunan daerah.

“Kerjasama ini dilakukan dalam semangat saling menguntungkan, dengan cara yang efektif dan efisien serta bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat khususnya yang ada di perbatasan,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Katingan akan terus berkomunikasi dengan Pemerintah Pusat dan Balai Jalan Nasional terkait keterbukaan akses jalan ke Kabupaten Melawi.

“Untuk saat ini kendala akses jalan yang dihadapi adalah status jalan yang dilewati masih berada di kawasan hutan lindung, namun kita akan terus berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait agar akses tersebut bisa secepatnya tersambung dengan akses jalan yang sudah dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Melawi sampai ke perbatasan Katingan,” ujarnya.

Ia meyakini, apabila akses jalan tersebut tersambung antara kedua Kabupaten, maka akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Katingan dan Kabupaten Melawi, dan jarak tempuh antara Kabupaten Katingan dan Kabupaten Melawi tentunya akan semakin singkat.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan Penandatangan Kerjasama antara RSUD Kabupaten Melawi dan Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan tentang pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin.

Hadir juga pada kegiatan tersebut Wakil Bupati Melawi Kluisen, Wakil Bupati Katingan, Sunardi N.T. Litang, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Melawi, Hendegi Januardi Usfa Yursa, Forkopimda Kabupaten Katingan, Unsur Pimpinan DPRD Kabupaten Katingan, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua GOW, dan Para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi maupun di lingkungan Pemerintah Kabupaten Katingan. (Ril)

Editor: Jaka Iswara

Tags

Terkini

X