Kapal Pesiar Terbakar, Dua Unit Kapal Pemadam Diturunkan Jinakkan Api

11 Maret 2024 09:53 WIB
Ilustrasi

JAKARTA, insidepontianak.com - Kapal pesiar terbakar di Kepulauan Seribu, membuat petugas menurunkan dua kapal pemadam.

Dua kapal pemadam itu diturunkan dari Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Kapal pemadam untuk mengatasi kebakaran kapal pesiar yang terjadi di  perairan Barat Pulau Pamagaran Kepulauan Seribu, pada Minggu sore.

"Keterangan dari saksi-saksi, kapal pesiar ini terbakar saat putaran mesin (RPM) kapal, tiba-tiba turun ketika sedang berlayar yang disusul keluarnya asap dari bagian mesin," kata Kasi Ops Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu Abdul Wahid di Jakarta, Senin (11/3/2024), seperti dilansir ANTARA.

Ia mengatakan kepulan asap yang sangat banyak tiba-tiba keluar dari bagian mesin yang akhirnya menimbulkan penyalaan api pada pukul 16.19 WIB.

Kebakaran ini, lanjutnya membuat kapal pesiar bernama Kapal KM Azzimut 80 milik Haji Marbun hangus terbakar di tengah perairan barat Pulau Pamagaran.

"KM Azzimut 80 ini memiliki panjang 20 meter dan lebar empat meter sehingga ada kesulitan tersendiri saat melakukan pemadaman api," kata dia.

Ia mengatakan ketika mendapatkan informasi ada yang terbakar pihaknya mengerahkan Rescue Boat dan sampai di lokasi pukul 16.55 WIB.

"Kami mengerahkan juga Kapal Satria Biru untuk memadamkan kebakaran di kapal ini," kata dia

Setelah berjibaku melakukan pemadaman dan melokalisir api serta melakukan pendinginan maka penanganan kebakaran baru selesai pukul 20.55 WIB.

Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu menurunkan 15 personel dan dua unit kapal melakukan pemadaman serta dibantu oleh nelayan setempat.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dari kejadian ini," kata dia.***

Tags :

Leave a comment