• Rabu, 29 Juni 2022

IJW Mencium Aroma Pelanggaran dalam Pemberian Sertifikat Vaksin Tanpa Suntik di Mempawah

- Selasa, 22 Maret 2022 | 15:38 WIB
SAVE_20201025_164413
SAVE_20201025_164413

MEMPAWAH, insidepontianak.com -Direktur Indonesian Justice Watch (IJW) Kabupaten Mempawah, Sudianto Nursasi mencium aroma pelanggaran dalam pemberian sertifikat vaksin Covid-19 tanpa suntik di Desa Kuala Secapah, Kabupaten Mempawah, Kalbar.

Sudianto mendorong masyarakat untuk melaporkan itu ke pihak berwenang seperti Satgas Covid-19. Dia memastikan siap mendampingi warga yang mau melapor, sebab dia menilai Pemerintah Kabupaten Mempawah tidak serius menanggapi isu pemalsuan dokumen tersebut.

"IJW siap mendampingi masyarakat Kuala Secapah yang ingin melaporkan kasus tersebut. Pemberian sertifikat vaksin tanpa suntik itu adalah pelanggaran, dan pantas diperjuangkan," katanya, Selasa (22/3/2022).

Sudianto mengatakan, masyarakat yang mau melaporkan kasus tersebut artinya mereka sadar hukum dan butuh kepastian hukum. Dia tegaskan, kasus penerbitan sertifikat vaksin Covid-19 tanpa suntik jelas-jelas melanggar prosedur dan berpotensi dijerat hukum pidana.

"Jika laporan di Satgas Covid-19 Kabupaten Mempawah tidak ditanggapi serius, maka bisa dilaporkan ke Satgas Provinsi Kalbar, jika masih tidak ditindaklanjuti, bisa dilaporkan ke Satgas Nasional. Harus ada yang bertanggungjawab dalam kasus ini," katanya.

Jangan Gegabah

Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi meminta masyarakat tidak gegabah dalam menyikapi kasus pemberian sertifikat vaksin Covid-19 tanpa disuntik di Kuala Secapah. Dia akan berkoordinasi lebih dulu dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Mempawah terlebih dahulu untuk mengkaji lebih dalam perihal tersebut.

"Setelah diperdalam informasinya barulah kita bisa menentukan langkah lebih lanjut. Kita harus cek dulu, saya harap informasi ini bisa diluruskan. Penerbitan sertifikat vaksin Covid-19 itu sudah ada prosedurnya. Disuntik vaksin dulu, diinput datanya barulah keluar sertifikat," pungkasnya. (Yak)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Bupati Erlina Kukuhkan IPM Segedong

Jumat, 18 Maret 2022 | 18:00 WIB
X